Jajang C Noer : Arifin Tidak Menyesal Bikin Film G30S/PKI

Sampul film G30s/PKI yang pernah menjadi tontonan wajib di Indonesia pada masa pemerintahan Orde Baru.
Sumber :
  • cinema-xcinema.blogspot.com

VIVA.co.id – Kontroversi seputar film G30S/PKI masih menjadi buah bibir. Bahkan beberapa pihak menganggap sejumlah adegan tidak sesuai dengan fakta sejarah.

Perjalanan Karier Komika Babe Cabita, Juara SUCI 3 Kini Bisnis Kuliner

Tak hanya itu, produksi ulang film G30S/PKI juga diusulkan oleh Presiden Joko Widodo. Istri almarhum Arifin C Noer, Jajang C Noer tak masalah jika ada penayangan kembali atau bahkan produksi ulang. Baginya segala interpretasi sah-sah saja.

Tak hanya itu, Jajang juga mengisahkan almarhum saat menjadi sutradara film ini. Meski menjadi kontroversi, Arifin tak pernah menyesal membuat film ini.

Ditonton 100 Ribu Orang, Film Onde Mande! Tambah Layar

"Arifin C Noer selalu mengerjakan apa yang dia yakini. Dia tulus dan tanggung jawab. Dia enggak ada rasa menyesal," kata Jajang di The Pallas, SCBD, Jakarta Selatan, Selasa, 26 September 2017.

Saat itu, Jajang juga terlibat sebagai pencatat adegan dan pemilihan karakter. "Ada tim yang tiap Jumat, Sabtu dan Minggu nongkrongin masjid gereja, cari yang mirip. Mirip kepada Jenderal, atau tokoh lain berdasarkan foto. Ada yang mirip," tutur wanita berdarah Minang itu.

Main di Film Kun Ana Wa Anta, Abe Moore Ketagihan Berakting

Jajang berharap jika memang ada produksi ulang film ini tentu harus sesuai dengan fakta yang ada. Baginya semua pihak punya visi misi sendiri jika ingin penggarapan ulang.

"Sesuai dengan cerita itu. Dengan apa yang terjadi dan dibuat dengan sungguh-sungguh. Properti juga, sangat penting," ujar dia.
 

Stani Arifasti

Meneropong Karier Stani Arifasti, dari Sinetron Lokal hingga Film Internasional

Stani Arifasti bukanlah wajah baru dalam film-film layar lebar, terutama yang mengusung tema budaya lokal. Ia telah membintangi beberapa judul film ternama.

img_title
VIVA.co.id
9 November 2023