Beside, Wakili Indonesia Unjuk Gigi di Jerman

Band Beside
Sumber :
  • dok.ist

VIVA.co.id – Penggemar musik metal tentu tidak asing dengan Wacken Open Air (W:O:A), sebuah festival heavy metal terbesar di dunia yang diadakan setiap tahun di Jerman. Lusinan band ternama seperti Scorpions, Judas Priest, Alice Cooper, Twisted Sister, Saxon, Motörhead hingga Dream Theater pernah tampil di sana.

Boys Like Girls Resmi Umumkan Konser di Indonesia, Catat Tanggalnya!

Tahun ini, bakal ada band metal dari Indonesia yang tampil di panggung W:O:A, yang diselenggarakan 2 Agustus hingga 5 Agustus mendatang.

Beside, band aliran metal asal Bandung bakal tampil menghentak panggung W:O:A, bersaing dengan sejumlah band metal papan atas dari Eropa dan Amerika. Tampilnya Beside di W:O:A ini tidak terlepas dari inisiatif dan fasilitas dari DCDC, sebuah wadah kreativitas bagi musisi independen Indonesia.

Band Rock Korea, Xdinary Heroes Gelar Konser Perdana di Jakarta

“Ini merupakan kebanggaan bagi kami menjadi wakil Indonesia yang bisa tampil di ajang musik metal paling besar di dunia. Bisa dikatakan Wacken Open Air merupakan holyland bagi seluruh penggemar metal di dunia. Bukan cuma membawa nama band ini, kami juga membawa nama bangsa,” ucap sang drummer, Achmad Rustandi atau yang akrab disapa Bebi, kepada VIVA.co.id, Senin 24 Juli 2017.

Tak hanya sebagai wakil dari Indonesia, Beside merupakan satu-satunya band dari Asia yang bakal unjuk gigi di acara akbar tersebut. Sebelumnya, DCDC menggagas kompetisi Wacken Metal Battle Indonesia (WMBI) 2017 yang diikuti lebih dari 238 band metal dari seluruh Indonesia.

Konser U2 di Sphere Las Vegas, Disuguhi Layar Raksasa yang Canggih

Jumlah sebanyak itu kemudian disaring hingga menghasilkan sepuluh band yang bertarung dalam Final Show WMBI 2017 di Gudang Persediaan PT KAI Bandung, Jawa Barat pada 14 Mei lalu. Dari kompetisi itu, keluarlah satu nama yakni Beside sebagai pemenang yang layak menjadi wakil Indonesia dalam W:O:A 2017.

Beside lahir Ujung Berung, Bandung, Jawa Barat pada 1997. Setelah beberapa kali bongkar pasang personel, kini Beside berisikan Agung Suryana (vokal), Roy Nat Siregar (gitar), Tri Afrizal (bas), Rizky Aditya (gitar), dan Achmad Rustandi (drum).

Sempat vakum selama tiga tahun, Beside kini sudah memiliki dua album bernapaskan musik metal yang agresif dan progresif yakni “Against Ourselves” dan 'Eleven Heroes". Sisi musikalitas Beside diakui dengan masuk dalam kategori album terbaik tahun 2015 versi majalah Rolling Stones. Majalah Metal Hammer UK juga mencantumkan Beside sebagai “Album 10 band Indonesia terbaik”.

“Karena itu, kami akan membawakan empat lagu saat tampil di W:O:A nanti. Lagu-lagu itu adalah Spirit In Black, Ambisi Arogansi, Under Hollow, dan Dead of War. Empat lagu ini berasal dari album kedua kami,” tutur Bebi.

Nomor-nomor lagu itu beserta aksi di atas panggung yang akan menentukan apakah Beside layak menyandang juara pertama dalam W:O:A 2017. Perlu diketahui, Beside akan bertarung dengan 28 band yang juga menjadi perwakilan dari negara-negara lain di panggung Headbanger Stage pada 2 Agustus 2017.

“Musikalitas mereka juga keren-keren, jadi tidak boleh dianggap remeh. Pokoknya kami akan tampilkan yang terbaik di atas panggung nanti,” ujar Bebi.

Sementara itu, Kimung --personel Karinding Attack yang juga perwakilan DCDC (www.djarumcoklat.com)-- menuturkan bahwa pihaknya juga menyiapkan ‘panggung pemanasan’ bagi Beside sebelum berlaga di Jerman. “Sebelum keberangkatan Beside ke Eropa, mereka akan menjalani rangkaian tur yang diselenggarakan atas dukungan dari DCDC Dreamworld 4 Indonesia,” ujar Kimung.

Rangkaian tur itu bertajuk “BESIDE – Two Decades of Aggression” yang diadakan di enam kota, yaitu Garut (17 Juli 2017), Tasikmalaya (18 Juli 2017), Sukabumi (21 Juli 2017), Cianjur (22 Juli 2017), Karawang (23 Juli 2017), dan Subang (24 Juli 2017).

Program DCDC Dreamworld yang sudah dilakukan di antaranya ialah Bandung Blasting 2015 yang merupakan program tur bagi band-band metal untuk menggelar tur internasional; Karinding Goes to Europe 2016 hingga Dead Squad Japan Tour 2016.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya