Mercedes Legowo Terima Hukuman Rosberg

Pembalap Tim Mercedes, Nico Rosberg
Sumber :
  • REUTERS/Dominic Ebenbichler

VIVA.co.id – Pembalap Mercedes, Nico Rosberg mendapatkan hukuman dari Federasi Otomotif Internasional (FIA). Dia dinyatakan bersalah  karena melanggar aturan dalam komunikasi dengan tim via radio pada balapan Formula 1 (F1) GP Inggris, Minggu 10 Juli 2016.

Mercedes Siap Tantang Max Verstappen di F1 GP Qatar

Rosberg yang mengalami masalah pada girboks mobilnya, melakukan komunikasi dengan tim via radio di lap ke-47. Tim dari Mercedes memberikan saran kepadanya agar menghindari gigi tujuh demi mencegah kerusakan girboks.

Akibat pelanggaran ini, Rosberg terkena hukuman penalti 10 detik dan harus turun ke posisi 3. Sementara itu, pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen naik ke posisi 2.

Lewis Hamilton Akui Progres McLaren

(Baca juga: Akibat Komunikasi Radio, Rosberg Turun ke Peringkat 3)

Mercedes sebelumnya berniat mengajukan banding terkait hal ini. Namun, lewat situs resmi mereka, Mercedes mengumumkan menerima hukuman ini, dan tak jadi mengajukam banding.

Max Verstappen Start Terdepan di GP Inggris

"Kami mampu membuktikan kepada steward, bahwa masalah pada girboks bisa terjadi kapan saja. Dengan demikian, berdasarkan peraturan, menyarankan Nico untuk mengubah mode adalah hal yang diperlukan," demikian bunyi pernyataan resmi Mercedes.

Meskipun demikian, Mercedes sadar bahwa memberikan saran untuk mengindari gigi tujuh adalah sebuah pelanggaran. Tim Mercedes menerima pandangan dan keputusan dari steward, keputusan, serta hukuman yang diberikan.

"Dalam beberapa pekan ke depan, kami akan terus berdiskusi dengan orang-orang penting di F1, terkait masalah peraturan dalam olahraga ini," lanjut pernyataan tersebut.

Keputusan ini membuat persaingan di klasemen sementara pembalap F1 semakin sengit. Rosberg masih menguasai puncak klasemen sementara dengan 168 poin dari 10 seri balapan. Namun, dia hanya unggul satu poin dari Hamilton yang menguntit di posisi dua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya