Cerita Tiko Rawat Ibu Eny Tanpa Listrik dan Air Bersih Selama 12 Tahun

Penampakan rumah Ibu Eny dan Tiko
Sumber :
  • Ist

VIVA Metro – Anak dari Ibu Eny menceritakan awal mula sampai tinggal tanpa listrik dan air bersih selama 12 tahun di rumah yang mewah.

Pria bernama Tiko itu mengatakan tidak lama pasca ayahnya meninggal dunia, ibunya diduga menjadi depresi. Kuat dugaan kepergian sang ayah yang mendadak dan kolpasnya usaha jadi penyebab depresi. 

"Enggak lama semenjak papa pergi, itu kurang lebih satu tahunan langsung diputus. Tidak sampai setahun sih karena ditinggalkan juga kan, air listrik diputus," ucap dia kepada wartawan, Kamis 5 Januari 2023.

Penampakan rumah Ibu Eny dan Tiko

Photo :
  • ANTARA/Yogi Rachman

Semenjak saat itu, Tiko mengaku mengurus ibunya seorang diri. Dia tinggal berdua saja di rumah besar tersebut. Kurang lebih mereka tinggal berdua di sana sejak tahun 2010. Hampir 12 tahun dia dan ibunya tinggal di sana tanpa listrik dan air bersih.

"Awalnya ya papah pergi, ibu tinggal sendiri dan kondisi ibu kan seperti itu lah ya, kejiwaannya depresi atau seperti apa. setelah itu aku ngurus ibu, berdua aja, maksudnya aku tinggal sama ibu berdua," katanya.

Lebih lanjut Tiko mengatakan, dari awal niatnya memang merawat jalan sang ibu. Selama ini ibunya dirawat tanpa mengkonsumsi obat-obatan dari Rumah Sakit.

Penampakan rumah Ibu Eny dan Tiko

Photo :
  • ANTARA/Yogi Rachman

"Karena awalnya niatan ku dari awal ngerawat ibu aja. Kondisinya seperti itu pun rawat jalan aja tanpa diobatin di Rumah Sakit," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Ibu Eny merupakan pemilik rumah mewah yang terbengkalai tanpa listrik dan air bersih selama 12 tahun. Hal tersebut menjadi viral di media sosial TikTok.
Rumah mewah Ibu Eny berlokasi di Kelurahan jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. Kini Ibu Eny menjalani perawatan di Rumah Sakit Daerah Duren Sawit.

Seperti dilansir Antara, Rabu 4 Desember 2023. Sebelumnya sempat viral di media sosial mengenai kehidupan Ibu Eny dan anaknya yaitu Tiko yang tinggal di rumah mewah tanpa listrik dan air bersih selama puluhan tahun.

Sang anak, Tiko diketahui telah merawat ibunya yang mengalami depresi selama 12 tahun sejak ditinggalkan suaminya pada 2010 hingga sekarang belum kunjung kembali. Untuk bertahan hidup, Tiko dan Ibu Eny menadah air hujan untuk keperluan seperti masak dan Mandi.

Seperti dijelaskan oleh ketua RT dimana Ibu Eny tinggal yaitu Noves, bahwa Ibu Eny mengalami depresi dan telah di bahwa petugas Suku Dinas Sosial Jakarta Timur.