Jubir Ma'ruf Amin: Wapres Rapat Pakai Teleconference Skype

Wakil Presiden KH Maruf Amin
Sumber :
  • VIVAnews/Reza Fajri

VIVA – Wakil Presiden Ma'ruf Amin turut membatasi komunikasinya dengan orang lain untuk pencegahan virus Corona Covid-19. Ma'ruf juga melakukan rapat dengan Presiden Joko Widodo dan para menteri dengan teleconference.

"Selama ini wapres sudah melakukan rapat pakai teleconference, skype, untuk membatasi komunikasi sedemikian rupa," kata juru bicara Wapres, Masduki Baidlowi, Selasa 17 Maret 2020.

Masduki berharap apa yang dilakukan Wapres juga menjadi contoh untuk masyarakat Indonesia. Yakni agar masyarakat tidak keluar rumah, saling menjaga jarak atau bekerja dengan memanfaatkan teknologi.

"Dalam konteks itu kita perlu melakukan tingkat kehati-hatian tinggi dalam perjalanan ataupun rapat-rapat sebisa mungkin social distance, itu istilah yang sangat bagus," ujar Masduki.

Dengan cara itu, kata dia, tak juga mengurangi rasa silaturahmi.

"Tidak mengurangi rasa silaturahmi kita,di satu sisi kita juga terselamatkan dari wabah," tambahnya.

Meski demikian, Ma'ruf menurutnya menilai belum perlu ada kebijakan isolasi lockdown. Sehingga Ma'ruf sejalan dengan Presiden Jokowi yang memang belum mengeluarkan kebijakan lockdown.

"Wapres mengapresiasi terhadap kebijakan presiden dan kaitannya terhadap persoalan ekonomi dalam negeri, kalau sampai lockdown akan memukul dan mematikan ekonomi rakyat dan menjadi pertimbangan," kata dia.