Hikayat Mantan Buruh Pabrik Raih Sepatu Emas Premier League

Penyerang Leicester City, Jamie Vardy
Sumber :
  • Instagram/@vardy7

VIVA – Striker Leicester City James Vardy membuktikan bahwa usia hanyalah sebuah angka. Meski usianya tidak muda lagi, Vardy sukses menyabet Sepatu Emas (Golden Boot) Premier League musim ini.

Sepatu Emas merupakan penghargaan bagi pencetak gol terbanyak dalam semusim. Dan Vardy yang kini berusia 33 tahun menjadi top skorer Premier League musim ini usai mencetak total 23 gol.

Dia memenangkan persaingan golden boot dengan striker Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang, yang cuma mencetak 23 gol. Posisi ketiga, ada bomber Southampton, Danny Ings, yang mencatatkan 22 gol.

Sukses ini seakan menjadi lanjutan dari dongeng yang dituliskan Vardy di ajang Premier League. Bagaimana perjalanan kariernya sangat dinamis dan penuh inspirasi bagi para pemain lain.

Seperti dilansir Strayoffside, Selasa 28 Juli 2020, berikut ini perjalanan karier Vardy dalam sepakbola Inggris:

Dipecat Klub Kesayangan
Di usia 16 tahun, Vardy dilepas klub kesayangannya Sheffield Wednesday karena dianggap fisiknya 'terlalu kecil'. Dia pun bergabung ke Stockbridge Park STeels.

Buruh Pabrik
Empat tahun kemudian pada usia 20 tahun, Vardy menembus tim utama Stockbridge. Meski demikian, dia cuma mendapat gaji £30 (Rp560 ribu) perpekan. Itu sebabnya dia juga kerja sebagai buruh pabrik.

Berhenti dari Pabrik
Pada 2010, Vardy yang berusia 23 tahun hijrah ke klub non liga Northen League, FC Halifax, dengan nilai transfer £15.000 (Rp280 juta). Gajinya pun membaik dan dia berhenti kerja sebagai buruh pabrik.

27 Gol
Performa apiknya di Halifax membuat Vardy pada usia 24 tahun pindah ke klub non liga Conference, Fleetwood Town. Vardy mencetak 27 gol dan membawa Fleetwood juara.

Lompatan Besar
Di usia 25 tahun, Vardy melakukan pencapaian besar. Dia pindah dari klub non liga ke klub Championship, Leicester City dengan nilai transfer £1 juta (Rp18,6 miliar).

Tembus Premier League
Pada 2014, Vardy berperan penting atas sukses Leicester City promosi ke Premier League dengan status juara. Peran signifikan Vardy dengan membukukan 16 gol di musim itu.

Rekor Premier League
Vardy yang berusia 28 tahun membantu Leicester bertahan di Premier League. Tidak hanya itu, dia juga mencetak rekor dengan membukukan 11 gol dalam laga beruntun. Dia mematahkan rekor legenda Manchester United, Ruud van Nistelrooy.

Juara Premier League 
Pada 2016, Vardy membawa Leicester City yang berstatus underdog menjadi jawara Premier League. Dia pun dipanggil ke Timnas Inggris untuk Piala Eropa 2016.

Sepatu Emas
Dan tahun ini, di usianya yang ke 33 tahun, dia berhasil menyabet penghargaan Sepatu Emas. Dia pun mencetak rekor sebagai pemain tertua yang berhasil meraih Sepatu Emas Premier League.

Baca juga:
23 Fakta Unik dan Aneh Premier League Musim Ini
Jamie Vardy Pecahkan Rekor Ajaib Drogba, Ederson Kiper Tersakti
9 Fakta Sensasional Sang Pesulap Manchester City