Seperti Apa Cara Gelandang Persija Marc Klok Hindari Virus Corona

Marc Klok, Persija
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Virus Corona COVID-19 memberikan dampak besar kepada sepakbola di Indonesia. Contohnya ada laga ditunda di ajang Liga 1, seperti Persija Jakarta melawan Persebaya Surabaya.

Semula, duel Persebaya versus Persebaya digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu 7 Maret 2020. Namun, karena ancaman virus corona ini, pertandingan tersebut akhirnya pun ditunda.

Penundaan pertandingan membuat ketakutan tersendiri bagi pemain. Salah satunya gelandang Persija, Marc Klok. Meski demikian, gelandang 26 tahun itu punya cara jitu agar terhindar dari virus tersebut. Yaitu dengan hidup sehat dan manjaga fisik tetap bugar.

Selain itu, Marc Klok menekankan jika hidup sehat dan menjaga fisik bukan hanya dilakukan untuk menghindari virus corona COVID-19 saja tapi menjadi sebuah kebiasaan hidup.

Bagi Klok, kebiasaan positifnya itu adalah demi menghindari virus lain dan juga riwayat cedera yang pernah dialami sebelumnya.

"Semua yang saya tahu jika saya selalu makan sehat, vitamin, latihan ekstra untuk tubuh. Bukan hanya karena virus corona saja. Saya pernah cedera dan saat ini sudah fit dan saya terus menjaga kondisi ini," kata Klok kepada wartawan.

"Kondisi sangat penting untuk saya. Semua orang di Indonesia dan negara lain itu harus lihat kondisi sendiri bukan kondisi orang lain," lanjut dia.

Lebih lanjut soal jadwal tunda antara Persija dan Persebaya masih abu-abu, PT LIB selaku operator belum mengumumkan jadwal baru, Akan tetapi mereka mengklaim sudah menemukan waktu pengganti. 

Direktur Utama PT LIB, Cucu Somantri mengatakan, pihaknyajuga tidak punya rencana menggelar pertandingan tanpa penonton di tengah ancaman virus corona.

"Kami sejalan dengan kebijakan pemerintah. Pemerintah bagaimana melakukan langkah-langkah dengan menjaga kesehatan, kita sejalan dengan itu, kecuali kalau pemerintah menginstruksikan ya (mengosongkan stadion),"