Akhirnya, Honda Luncurkan HR-V Edisi 2019

Logo mobil Honda.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Untuk mengisi pasar low sport utility vehicle dan crossover, Honda menghadirkan generasi kedua HR-V pada 2013 silam. Mobil itu resmi masuk Indonesia pada 2014, namun baru dipasarkan pada awal 2015.

PT Honda Prospect Motor sebagai agen pemegang merek, hanya menawarkan dua pilihan mesin untuk mobil itu, yakni 1.500cc dan 1.800cc. Sementara, di China hadir HR-V bermesin tiga silinder 1.000cc dengan tambahan turbocharger.

Kini, varian mobil berkapasitas lima penumpang tersebut bertambah satu lagi. Dilansir dari laman resmi Honda Jepang, Kamis 31 Januari 2019, HR-V terbaru yang mengusung mesin 1.500cc mengalami ubahan pada sektor mesinnya.

Honda memutuskan untuk menggunakan tambahan turbocharger pada pesaing Nissan Juke tersebut. Alhasil, kini mesinnya mirip dengan Civic dan CR-V.

Berkat adanya tambahan pendorong, tenaga mesin melonjak jadi 172 daya kuda dan torsi 220 Newton meter. Bandingkan dengan mesin lawas yang hanya bisa memberi tenaga 120 daya kuda dan torsi 145 Nm.

Sayangnya, HPM belum berencana mendatangkan mobil tersebut ke Indonesia. Hal itu diungkapkan oleh Marketing and After Sales Service Director HPM, Jonfis Fandy.

“Kami masih bicara mengenai harga kalau HR-V, karena teknologi turbo cukup mahal. Contohnya, CR-V mesin turbo dengan mesin 2.000cc standar bedanya bisa sampai Rp90 jutaan,” ujarnya beberapa waktu lalu. (kwo)