HR-V Baru Siap Hadir! Gimana Nasib SUV RS Calon Pesaing Raize

Mobil konsep Honda SUV RS dipamerkan di GIIAS 2021.
Sumber :
  • Dok: HPM

VIVA – Mobil SUV atau Sport Utility Vehicle menjadi jenis yang paling digandrumi di dunia, setiap pabrikan berlomba-lomba membuat produk sejenis. Sedangkan di Indonesia segmen SUV kompak saat ini sedang memanas.

Semua Orang Bisa Beli Fortuner, Cicilannya Rp3 Jutaan

Pasalnya sejak kehadiran Toyota Raize, dan Daihatsu Rocky pada 2021 membuat mobil SUV lima penumpang dengan mesin kecil menjadi bergairah. Sebelumnya produk yang ada di kelas itu hanya ada Nissan Magnite.

Masih melihat peluang pasar, PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai produsen mobil Honda di Tanah Air juga tertarik bermain di kolam yang sama. Hal itu dibuktikan dari hadirnya SUV RS konsep pada November tahun lalu.

Pajero Sport Baru Sudah Bisa Dipesan, Harga Rp500 Jutaan

Mobil konsep Honda SUV RS dipamerkan di GIIAS 2021.

Photo :
  • Dok: HPM

Honda SUV RS dihadirkan dengan penampilan sporti, sekilas wajahnya mirip Civic, terutama pada bagian headlamp, dan lekukan bumper. Namun grill dan ujung kap mesinnya agak mirip Kia Sonet dengan lekukan landai.

Neta Launches 5-passenger Electric SUV for Indonesian Market

Terdapat emblem RS pada bagasi belakang, dan lampu pengereman sudah LED seperti mobil kelas premium. Lantas kapan mobil purwarupa itu akan diproduksi massal, dan dijual ke pasar?

Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM, Yusak Billy mengatakan, Honda selalu menyediakan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Artinya jika dibutuhkan SUV kompak tentu akan dihadirkan.

“Kalau konsumen ke arah situ pasti kita siapkan. Jadi kita pelajari terus, itu kan hanya konsep kemarin nanti akan dibawa ke mana-mana (ke daerah-daerah sebagai perkenalan),” ujar Billy dikutip Viva Otomotif, Jumat 25 Februari 2022.

Menurutnya proses studi, dan memperkenalkan produk konsep ke masyarakat perlu dilakukan untuk melihat respon pasar, atau tingkat ketertarikan konsumen dengan produk tersebut.

“Kan kita belum pernah punya SUV RS sekarang. Makannya itu kita pantau terus, kita pelajari lah yah marketnya seperti apa. Kalau marketnya perlu seperti itu yang kita layani,” tuturnya.

Tidak ada informasi resmi nama SUV terbarunya itu, namun digadang-gadang Honda ZR-V. Identitas tersebut sudah terdaftar melalui World Intellectual Property Organization (WIPO) untuk pasar otomotif Asia dan Oseania.

Memiliki dimensi kompak, kabarnya produk terbaru buatan pabrikan berlogo H tersebut akan menjadi adik dari HR-V, dan menjadi calon pesaing Raize atau Rocky.

Sepertinya kehadiran SUV RS dalam bentuk nyata masih cukup lama, mengingat produsen mobil asal Jepang itu sedang sibuk mempersiapkan All New HR-V untuk pasar Tanah Air.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya