Logo BBC

Pecahkan Rekor, Taklukkan 14 Gunung Tertinggi dalam 7 Bulan

Nirmal Purja berhasil menaklukkan 14 puncak gunung tertinggi di dunia dalam tujuh bulan. - EPA
Nirmal Purja berhasil menaklukkan 14 puncak gunung tertinggi di dunia dalam tujuh bulan. - EPA
Sumber :
  • bbc

Seorang mantan serdadu marinir Inggris berhasil menaklukkan 14 puncak gunung tertinggi di dunia dalam tujuh bulan memecahkan rekor sebelumnya yang dilakukan selama hampir delapan tahun.

Prestasi itu dipastikan setelah Nirmal Purja asal Nepal mencapai puncak gunung ke-14, Shishapangma di China, Selasa (29/10).

Pria berusia 36 tahun itu bergabung dengan Angkatan Darat Inggris pada 2003 dan menjadi anggota Marinir Inggris pada 2009.

Kariernya dalam mendaki gunung dimulai ketika dia berjalan ke pangkalan pendakian Gunung Everest pada 2012. Saat itu, alih-alih kembali seperti direncanakan semula, dia memutuskan mendaki hingga ke puncak.

Sebelum memecahkan rekor pada Selasa (29/10), Purja telah memegang sejumlah rekor, termasuk pendaki tercepat dua gunung setinggi lebih dari 8.000 meter. Atas raihan itu, dia dianugerahi gelar MBE oleh Ratu Elizabeth II pada 2018.

Serdadu asal Nepal, khususnya Brigade Gurkha, tercatat mengabdi untuk militer Inggris selama lebih dari 200 tahun.

Di dunia ada 14 puncak gunung yang tingginya lebih dari 8.000 meter. Rekor mendaki semua gunung sebelumnya dipegang oleh pria Polandia, Jerzy Kukucza, pada 1987. Dia menuntaskannya selama hampir delapan tahun.