Logo BBC

Kisah Penjaga Hutan Amazon yang Dibunuh Pembalak Liar

JANGAN DIPAKAI
JANGAN DIPAKAI
Sumber :
  • bbc

Paulo Paulino Guajajara, pemuda dari komunitas suku asli di hutan Amazon, Brasil, tewas ditembak pembalak liar. Ini adalah akhir kisah seorang pejuang lingkungan yang hendak menyelamatkan Amazon dari penebangan pohon ilegal.

Guajajara dilaporkan diserang dan terkena tembakan di bagian kepala saat tengah berburu, Jumat (01/11). Saat itu ia berada di kawasan hutan lindung milik kelompok adat, Arariboia, di negara bagian Maranhao.

Guajajara merupakan anggota Guardian of the Forest, sebuah kelompok yang dibentuk untuk melawan kartel pembalakan liar di kawasan tersebut.

Pembunuhan terhadap Guajajara menunjukkan kekerasan yang semakin kerap terjadi terhadap orang-orang yang berupaya melindungi Amazon.

Lembaga sipil nirlaba, Survival International, yang mengadvokasi komunitas rentan, menyebut sebelumnya tiga anggota Guardian of the Forest tewas. Serangan itu juga menyasar sanak famili mereka.

September lalu, seorang pejabat pemerintahan yang bekerja untuk melindungi masyarakat adat juga dibunuh di , kota di sisi barat laut Amazon.

Presiden Brasil yang dikenal populis, Jair Bolsonaro, disorot publik dalam negeri dan internasional. Ia dikritik karena gagal melindungi para pejuang Amazon.