Logo DW

Kisruh Masjid Babri Makin Bebani Hubungan Hindu dan Muslim di India

picture-alliance/AP Photo/B. Walton
picture-alliance/AP Photo/B. Walton
Sumber :
  • dw

India bersiap menghadapi gejolak baru usai Mahkamah Agung menyerahkan lahan bekas Masjid Babri kepada umat Hindu dan sekaligus mengakhiri konflik yang telah berlangsung lebih dari separuh abad. Menyambut keputusan tersebut sebanyak 12.000 polisi diterjunkan ke Ayodhya untuk mencegah kerusuhan massal.

Umat Hindu meyakini lahan yang menjadi Masjid Babri dahulu merupakan situs agama yang dibangun untuk menghormati tempat kelahiran Dewa Rama. Masjid itu dibangun pada 1528, di era Raja Mughal pertama, Babur. Namun sejak Desember 1949, umat Hindu secara aktif mengklaim situs tersebut sebagai miliknya.

Dalam keputusannya Mahkamah Agung memerintahkan agar kaum Muslim diberikan lahan pengganti seluas dua hektare untuk membangun masjid baru di Ayodhya. Kisruh kepemilikan lahan ini adalah salah satu konflik paling panas di India. Saat kelompok Hindu garis keras menghancurkan Masjid Babri pada Desember 1992, kerusuhan sektarian yang meletus menelan lebih dari 2.000 korban jiwa.

Saat itu muslim radikal Pakistan membalas dengan menghancurkan belasan kuil umat Hindu.

Zarfaryab Jilani, Anggota Dewan Wakaf Sunni di negara bagian Uttar Pradesh, menilai keputusan tersebut "tidak memuaskan" dan mengaku sedang menyiapkan langkah hukum lanjutan untuk membatalkan putusan tersebut. "Lahan seluas dua hektare ini tidak berarti apapun buat kami," ujarnya.

Mahkamah Agung mengakui pengrusakan Masjid Babri pada 1992 merupakan "pelanggaran terhadap status quo yang diperintahkan pengadilan." Namun majelis hakim tidak menjatuhkan hukuman pada mereka yang bertanggung jawab atas aksi tersebut. Mereka menilai klaim Hindu terkait tempat kelahiran Dewa Rama "tidak terbantahkan lagi."

Keputusan Mahkamah Agung diyakini akan semakin memoles citra Perdana Menteri Narendra Modi yang menjanjikan akan mengembalikan lahan Masjid Babri kepada umat Hindu untuk dibangun kuil baru. Pasca keputusan diumumkan, warga Hindu di Ayodhya membanjiri jalan sembari membagikan manisan. Pada malam hari mereka menyalakan lilin dan kembang api.