Marak 'Panic Buying', Peritel: Belanja Harian Naik 15 Persen

Warga melakukan aksi borong bahan makanan (panic buying) di pusat perbelanjaan di Jaktim.
Sumber :
  • Kenny Putra

VIVA – Usai pemerintah mengumumkan dua kasus virus corona, sebagian masyarakat langsung panik dan melakukan pembelian bahan pokok yang dinilai berlebihan atau 'panic buying'.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Ketua Umum Asosiasi Peritel Indonesia atau Aprindo, Roy Mandey mengakui, panic buying itu ternyata menyebabkan adanya kenaikan jumlah belanja harian, yang mencapai 10 hingga 15 persen dibanding hari biasanya.

"Kenaikannya hanya bersifat sementara dan naiknya juga tidak terlalu signifikan, sekitar 10 sampai 15 persen," kata Roy di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa 3 Maret 2020.

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

Roy mengaku pihaknya cukup terkejut dengan fenomena panic buying ini. Sebab, setidaknya peristiwa ini juga terjadi di enam kota besar di Indonesia, yang awalnya bermula dari DKI Jakarta.

"Fenomena ini terjadi sangat cepat. Kemarin laporan dari teman-teman di daerah, ada sekitar enam kota, seperti Jakarta, Bandung, hingga Surabaya," kata Roy.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Karenanya, Roy pun meminta kepada masyarakat agar tidak panik dengan situasi saat ini, karena menurutnya ketersediaan bahan pokok dan kebutuhan sehari-hari masih aman dan cukup tersedia.

"Pasokan sangat aman, para peritel memastikan stok aman dan tidak ada kelangkaan barang," ujar Roy.

Dia memastikan, anggota peritel Aprindo juga akan selalu siap untuk hadir memenuhi kebutuhan pangan maupun non-pangan, bagi masyarakat di seluruh Indonesia.

Sebab, menurutnya tindakan yang berlebihan semacam ini justru berpotensi membuat kepanikan baru, meskipun sebenarnya seluruh kebutuhan masyarakat masih tetap dapat terpenuhi dan tercukupi dengan baik.

"Saya juga meminta agar peritel anggota Aprindo terus dan tetap melayani kebutuhan masyarakat, serta mengambil tindakan atau kebijakan yang dianggap perlu untuk memastikan bahwa kebutuhan masyarakat dapat terlayani dengan cukup dan baik," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya