Penuaan Picu Perubahan Bentuk Tulang Wajah

Perawatan kulit
Sumber :
  • doc. Corbis

VIVAnews - Pernah bertanya-tanya apa yang membuat Anda terlihat lebih tua? Sebuah studi baru menunjukkan bahwa keriput dan kendur merupakan tanda penuaan yang bisa dilihat dari tekstur kulit. Namun, tanda penuaan itu bisa juga dipengaruhi adanya penuaan di bagian tulang wajah. .

Robert B Shaw, Jr dan koleganya dari University of Rochester Medical Center, melakukan analisis 'computed tomography scan' tulang wajah terhadap tiga kelompok usia. Usia muda (umur 20 sampai 40), tengah baya (41-64), dan lebih tua (65 ke atas) .

Pengukuran rinci dalam rekonstruksi tiga dimensi dari CT scan menunjukkan beberapa perbedaan penting dalam struktur tulang wajah antara tiga kelompok umur tersebut. "Kerangka wajah mengalami perubahan morfologi dan penurunan keseluruhan volume dengan bertambahnya usia," tulis para peneliti.

Salah satu perubahan yang menonjol adalah peningkatan volume di daerah 'aperture orbital', yaitu, soket mata. Pada pria dan wanita, soket mata menjadi lebih luas dan lebih panjang seirng bertambahnya usia.

Penuaan juga mempengaruhi tulang bagian tengah wajah, termasuk penurunan tulang alis, hidung, dan sudut rahang atas.

Panjang dan tinggi rahang bawah juga menurun seiring penambahan usia. Meskipun perubahan terjadi pada pria dan wanita, perubahan ini lebih cepat muncul pada wanita antara usia muda dan menengah.

Sementara pria, sebagian besar perubahan terjadi antara usia pertengahan dan usia tua. "Komponen tulang wajah penting memengaruhi kontur tiga dimensi keseluruhan wajah ," tulis para peneliti dalam jurnal American Society of Plastic Surgeons. (pet)

Hasil Liga 1: Tampil Ngotot dari Awal, PSIS Semarang Gilas Persikabo 1973
Fitri Carlina dan Rafael Struick

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Saking bahagianya, Fitri Carlina sampai terlihat menundukan kepala dan menangis bahagia atas kemenangan Timnas Indonesia saat melawan Korea Selatan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024