Ini Bukti-bukti Gayus ke Macau dan Singapura

Rumah Gayus Tambunan, Kelapa Gading, Jakarta Utara
Sumber :
  • VIVAnews/Bayu Galih

VIVAnews -- Polri telah melakukan penggeledahan terhadap rumah terdakwa mafia hukum, Gayus Tambunan terkait pemalsuan paspor atas nama Sony Laksono. Hasil pemeriksaan rumah Gayus di daerah Kelapa Gading, penyidik telah menemukan berbagai barang bukti perjalanan ke beberapa negara.

"Penyidik telah menemukan berbagai barang bukti yang diperlukan sekaligus dalam konteks pembuktian," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta, Jumat 14 Januari 2011.

Boy pun menyebutkan barang bukti yang sudah disita Polri tersebut, antara lain boarding pass dari China Air yang digunakan Gayus ketika pulang dari Macau, boarding pass Air Asia atas nama istri Gayus, Milana Anggraeni.

Kemudian kartu servis Stalet Fashion Wig, amplop Hotel di Macau,
elektronik tiket, invoice JW Marriot Singapura, kartu surat dari hotel di Hongkong, dan invoice belanja beberapa barang. Ada juga laptop merk Thosiba.

"Ini digunakan untuk menunjukkan (Gayus dan Milana) pernah berada di luar negeri."

Polri juga telah menyita sejumlah barang bukti dari tersangka A yang diduga mengambil foto Gayus yang kemudian ditempel pada paspor atas nama Sony Laksono. "Barang bukti kamera cyber shot untuk motret Gayus, HP untuk komunikasi di antara mereka, dan paspor A yang dikeluarkan imigrasi Jakarta Pusat atas nama yang bersangkutan yang artinya menunjukkan jati diri yang bersangkutan."

Sementara itu, dari kantor imigrasi Polri juga menyita sejumlah
data yang akan digunakan dalam pembuktian. Data-data itu diantaranya print out data perlintasan pemeriksaan imigrasi atas nama Sony Laksono, Milana, dan Devina sebagai orang yang pertama kali mengungkap kepergian Gayus keluar negeri.

Selain itu, juga disita print out permohonan Surat Perjalanan Republik Indonesia (Spri) atas nama Margaret Inggrid Anggraeni yang kemudian diketahui digunakan untuk membuat paspor jadi atas nama Sony Laksono.

"Beberapa data yang juga ditransfer ke CD untuk kita analisis terhadap perlintasan berpergian ke luar negeri. Itu tertuang dalam CD dan dijadikan sebagai hasil rekaman untuk dievaluasi."

"Ada 4 semua yang ditersimpan di CD, data ini masih mentah. Dari hasil itu dapat jadi alat bukti." (umi)

KPK Panggil Nayunda Nabila, Biduan yang Disewa SYL Rp 100 Juta di Acara Kementan
Ruben Onsu

5 Mantan Pacar Ruben Onsu Sebelum Menikah dengan Sarwendah

Sebelum menikah dengan Sarwendah, Ruben Onsu telah mempunyai sejarah percintaan yang cukup beragam dan penuh liku. Siapa saja wanita yang pernah menjadi kekasih Ruben?

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024