Siapa Investor Besar yang Siap Masuk RI

ilustrasi investasi
Sumber :
  • Adri Prastowo

VIVAnews - India diperkirakan masuk sepuluh besar negara penanam modal terbesar di Indonesia tahun ini. Negara tersebut berencana untuk berinvestasi senilai US$15 miliar atau sekitar Rp136,36 triliun.

"Kami sudah tanda tangani MoU (nota kesepahaman/memorandum of understanding) dengan 15 perusahaan. Saya inginnya tahun ini bisa terlaksana. Investasinya sendiri berlangsung selama 3-4 tahun," kata Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Gita Wirjawan, di Jakarta.

Perusahaan India tersebut akan berinvestasi pada sektor infrastruktur seperti pembangunan bandar udara, pelabuhan, rel kereta api, dan pembangkit listrik.

Adapun perusahaan tersebut antara lain Adani dan Reliance Power yang akan berinvestasi pada pembangunan rel kereta api dan pelabuhan. Sementara itu, GVK Industries akan menanamkan modalnya pada pembangunan bandara udara. "Mereka tertarik membangun di pelabuhan udara Bali dan Yogya," ujar Gita.

Pemerintah sendiri saat ini berencana mengembangkan Bandara Ngurah Rai menjadi bandara internasional dengan areal seluas 120 hektare (ha) dan dapat segera dilaksanakan pada tahun ini. PT Angkasa Pura I menganggarkan dana Rp1 triliun.

Sementara itu, Tata Power akan menginvestasikan dananya pada pembangunan pembangkit listrik tenaga uap dan geothermal di Sumatera dan Jawa.

Seperti diketahui, sepanjang 2010, Singapura menanamkan dana sebesar US$2,3 miliar pada 157 proyek. "Mereka kecil-kecil tapi stabil investasinya," ujar Gita.

Urutan kedua adalah Inggris senilai US$0,2 miliar pada 84 proyek. Disusul, Jepang dengan US$0,1 miliar pada 151 proyek, lalu Belanda sebesar US$0,1 miliar pada 44 proyek.

Korea Selatan masuk pada jajaran lima terbesar. Masuknya Negeri Ginseng itu merupakan yang pertama kali dengan nilai investasi US$0,1 miliar pada 143 proyek. Korea Selatan menanamkan dana terbesar melalui dua perusahaannya yaitu Posco dan Hankook Tire. (art)

Hasil Liga 1: Tampil Ngotot dari Awal, PSIS Semarang Gilas Persikabo 1973
Fitri Carlina dan Rafael Struick

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Saking bahagianya, Fitri Carlina sampai terlihat menundukan kepala dan menangis bahagia atas kemenangan Timnas Indonesia saat melawan Korea Selatan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024