Jasad Dosen UGM Dijadikan Peraga Kedokteran

Kampus Universitas Gadjah Mada di Yogyakarta.
Sumber :
  • www.ugm.ac.id

VIVAnews -- Sebelum berpulang pada Sabtu 16 Juli, dini hari sekitar pukul 02.00 WIB, dosen Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, Fitri Mardjono, punya wasiat yang harus dilaksanakan keluarganya. Ia ingin dua kornea matanya disumbangkan pada orang yang membutuhkan.

Tak hanya itu, sang dosen juga merelakan jasadnya diawetkan, menjadi cadaver, jasad yang diawetkan,  demi menunjang pendidikan para dokter dan calon dokter.

Apa yang dilakukan Fitri Mardjono terbilang sangat langka di Indonesia. “Kalau donor kornea mata memang sudah banyak. Lain dengan yang sudah menyumbangkan cadaver-nya,” kata Muhammad Mansyur Romi, Wakil Dekan Bidang Administrasi, Keuangan dan Sumber Daya FK UGM yang juga pakar anatomi, Sabtu, 16 Juli 2011.

“ini bisa dijadikan semacam tauladan kepada yang lain jika ingin memberikan manfaat kepada sesama," ujarnya.

Istri almarhum, Pangesti Wiedarti, mengatakan, "Keinginan untuk menyumbangkan kornea mata maupun jasad tersebut telah disampaikan almarhum sekitar 3 tahun silam."

“Memang ini dari almarhum semata-mata ingin membantu sesama serta pengembangan pendidikan dan ilmu pengetahuan khususnya di dunia kesehatan," kata dia.

Pangesti mengaku ikhlas melepas jasad suaminya demi kemajuan ilmu pengetahuan, alih-alih memakamkannya. "Selain almarhum, saya juga berkomitmen sama,” ungkapnya.

Fitri Mardjono, lahir di Boyolali, 9 April 1959. Ia meninggalkan seorang putri bernama Sachiko Mawaddah Lestari yang bekerja di Departemen Perhubungan.

Hasil Liga 1: Tampil Ngotot dari Awal, PSIS Semarang Gilas Persikabo 1973

Pendidikan yang pernah dijalani almarhum, S1 di Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan UGM, S2 di Engineering Department, Nagaoka University of Technology, Japan. Sedangkan S3 diperolehnya dari Faculty of Architecture, Building and Planning Eindhoven of Technology, Netherlands.

Laporan: Erick Tanjung | DIY

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan
Fitri Carlina dan Rafael Struick

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Saking bahagianya, Fitri Carlina sampai terlihat menundukan kepala dan menangis bahagia atas kemenangan Timnas Indonesia saat melawan Korea Selatan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024