BCA: Lebaran, Kebutuhan Uang Tunai Naik 15%

Nasabah di depan ATM
Sumber :
  • Joko Kristiono/Surabaya Post

VIVAnews - PT Bank Central Asia Tbk menyatakan telah menyiapkan dana tunai untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat. Tren kebutuhan masyarakat akan dana tunai menjelang Hari Raya Idul Fitri ditengarai terus mengalami peningkatan tiap tahunnya.

"Tiap tahun meningkat 10 hingga 15 persen. Jika dinominalkan peningkatan tersebut sekitar Rp5 sampai Rp6 triliun," ujar Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja, saat ditemui seusai jumpa pers di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Kamis 28 Juli 2011.

Dana tunai yang telah dipersiapkan, lanjutnya, akan tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Pulau Jawa yang mendapat jatah dana tunai terbesar. "Di Jawa mendapat porsi 60 hingga 70 persen dari keseluruhan dana yang disiapkan," kata Jahja.

Sebelumnya, BCA menyatakan siap menggelontorkan dana sebesar Rp9 triliun untuk seluruh jaringan Anjungan Tunai Mandiri. Dana sebesar itu digunakan untuk memenuhi kebutuhan uang tunai para nasabahnya pada bulan puasa dan lebaran.

"Uang kas yang disiapkan mencapai Rp9 triliun. Ini nantinya disebar di ATM dan untuk kebutuhan uang tunai nasabah," kata Jahja.

Transaksi melalui ATM, lanjut dia, biasanya meningkat hingga sebesar 20 persen mendekati bulan puasa. Pada hari normal, BCA biasanya hanya menyiapkan dana kas untuk ATM sekitar Rp6 hingga Rp6,5 triliun.

"Transaksi yang meningkat melalui ATM dan Kartu Kredit itu bisa mencapai 20 persen jelang Lebaran," katanya.

Waspada, Masyarakat Jangan Tertipu Ditawarkan Berangkat Haji Gunakan Visa Non Haji
Gunung Ibu Erupsi Kembali, Semburan Abu Membubung Tinggi 4.000 Meter!

Gunung Ibu Erupsi Kembali, Semburan Abu Tebal Membubung Tinggi 4.000 Meter

Gunung Ibu Erupsi Kembali, Semburan Abu Membubung Tinggi 4.000 Meter!

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024