Mudik, Kebutuhan Premium Lebihi Kuota

Arus Mudik Di Pelabuhan Merak Mulai Padat
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Penyaluran bahan bakar minyak selama mudik 2011 terutama premium telah melebihi kuota BBM dalam APBN. Kelebihan penyaluran bahan bakar juga terjadi pada konsumsi solar.

Berdasarkan keterangan resmi dari Pertamina, Minggu 4 September 2011, hingga kemarin 3 September 2011, realisasi penyaluran BBM nasional untuk premium sudah melebihi kuota atau over kuota sebesar 1,9 persen dari BBM APBN.

Hingga kemarin, realisasi penyaluran premium mencapai 16,8 juta kilo liter atau over 1,9 persen dari kuota BBM APBN. Sedangkan realisasi penyaluran solar mencapai 9,5 juta kilo liter atau over 0,3 persen dari kuota BBM APBN. Untuk penyaluran kerosin mencapai mencapai 1,21 juta atau sesuai APBN.

Ada beberapa wilayah di jalur mudik yang penyalurannya melebihi rata-rata harian di daerah itu. Daerah dengan lonjakan penyaluran konsumsi premium tertinggi adalah Tasikmalaya, Jawa Barat, yang mencapai 103 persen dari APBN atau 1.688 kilo liter. Distribusi ini juga meliputi Garut dan Sumedang.

Daerah kedua yang mengalami kelebihan kebutuhan premium adalah Tegal, Jawa Tengah, yang over 96 persen atau 1.384 kilo liter. Distribusi ini meliputi Brebes, Pemalang, Slawi, Pekalongan, dan sekitarnya.

Daerah ketiga yang mengalami lonjakan konsumsi premium adalah Balongan, Jawa Barat, 82 persen atau 1.944 kilo liter. Distribusi ini meliputi Indramayu, Cirebon, Kuningan, Losarang, dan sekitarnya.

Sementara, stok BBM dan Bahan Bakar Khusus (BBK) secara nasional mencapai 3,85 juta kilo liter dan ditaksir mencukupi kebutuhan 21 sampai 22 hari. Stok premium sendiri sampai Minggu, 4 September 2011 tercatat 1,21 juta kilo liter atau setara kebutuhan 16 hari.

Pertamina juga menyampaikan pertamax volumenya mencapai 86,6 ribu kilo liter untuk 51 hari. Sedangkan volume pertamax plus mencapai 31 ribu kilo liter untuk 113 hari.

Sementara itu, untuk solar tersedia 1,86 juta kilo liter untuk kebutuhan 22 hari. Dan kerosin sejumlah 373 ribu disiapkan untuk kebutuhan 58 hari. Serta avtur memiliki stok sebanyak 289 ribu untuk persediaan 29 atau 30 hari. (umi)

Hasil Liga 1: Tampil Ngotot dari Awal, PSIS Semarang Gilas Persikabo 1973
Fitri Carlina dan Rafael Struick

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Saking bahagianya, Fitri Carlina sampai terlihat menundukan kepala dan menangis bahagia atas kemenangan Timnas Indonesia saat melawan Korea Selatan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024