Gita Wirjawan Fokus Perdagangan Domestik

Gita Wirjawan
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melantik dan mengambil sumpah para menteri susunan kabinet hasil reshuffle atau perombakan Kabinet Indonesia Bersatu jilid II.

Data Terbaru, 37 Meninggal Dunia Akibat Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi 

GIta Wirjawan ditunjuk sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Mari Elka Pangestu yang digeser sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Setelah menandatangani pakta integritas di Istana Negara, pagi ini, Gita mengungkapkan beberapa langkah yang mesti ditempuh di jabatan barunya sebagai Menteri Perdagangan.

Menurut Gita, cukup banyak pekerjaan rumah yang akan diprioritaskan dan dimaksimalkan sebagai Menteri Perdagangan seperti pasar domestik atau pasar dalam negeri. "Ini, benar-benar harus digaris bawahi," ujarnya.

Dia berjanji, akan duduk di dalam tim kementerian untuk melihat potret pasar domestik sesungguhnya dan ke depan nanti. "Tapi ada dua atau tiga hal," kata Gita.

Pertama, menurut Gita, bagaimana cara memaksimalkan meningkatkan pasar dosmetik dan perdagangan intra Indonesia. "Di dalam Indonesia antarpulau daerah," ujarnya.

Kedua, dia mengatakan, tentang gonjang ganjing dan ketidakketentuan ekonomi dunia, sehingga harus diupayakan sedemikian mungkin untuk menjaga laju perdagangan ekspor Indonesia. "Tapi kalau ngomong ekspor, harus peka, yang keluar itu harus berkualitas, tidak hanya kuantitas saja," ujar Gita.

Ketiga
, lanjutnya, berbicara mengenai perdagangan keluar dan masuk. "Ini harus dijaga dan keseimbangannya itu hal yang dipelajari. Tapi terutama, pertama perdagangan domestik," ujarnya.

Olla Ramlan Dicibir Netizen Pakai Dress Ketat saat Hadiri Pernikahan Rizky Febian-Mahalini
Perempuan berinisial HR (32) ditangkap Polresta Mataram (Satria)

Mama Muda di Lombok Terciduk Diduga jadi Pengedar Sabu-sabu

Seorang mama muda alias Ibu Rumah Tangga (IRT) asal Cakranegara, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, NTB, diamankan Tim Opsnal Sat Narkoba Polresta Mataram di kediamannya.

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024