Rekayasa Lalulintas di Tol Pada Mudik Lebaran

Peningkatan Arus Mudik Jalur Pantura
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Guna mengantisipasi kepadatan di ruas tol Jakarta- Cikampek yang menjadi ruas utama mudik Lebaran, PT Jasa Marga telah mengantisipasi dengan sejumlah rekayasa Lalulintas. Antara lain dengan melakukan pengalihan.

Disampaikan Direktur Operasional PT Jasa Marga, Hasanuddin, pada arus mudik saat gerbang Tol Cikampek dijadikan sebagai gerbang keluar atau pembayaran, kendaraan dari arah Cikampek yang akan masuk tol diarahkan melalui Tol Kalihurip Selatan dan Gerbang Tol Sadang.

"Apabila terjadi kemacetan di ujung Tol Cikampek, tepatnya yang akan ke arah Pantura, diperkirakan imbasnya akan mencapai ruas Tol Cikampek," kata Hasanuddin, di kantor Pusat PT Jasa Marga, Jumat, 10 Agustus 2012.

Sebagai antisipasi, bila kemacetan sudah mencapai Kalihurip, pengguna jalan tol yang akan menuju Pantura disarankan keluar di gerbang Tol Kalihurip Utara .

"Setelah gerbang tol tersebut, pengguna jalan disarankan untuk belok kanan dipertigaan pertama yang menuju ke arah fly over Cikampek," ujarnya.

Bila kepadatan kendaraan telah mencapai Simpang Susun Dawuan, pengguna Jalan tol yang menuju ke Jawa Tengah atau Jawa Timur melalui pantura disarankan untuk belok ke arah Tol Cipularang dan keluar di gerbang Tol Sadang.

"Ketika sampai diperempatan Sadang, pengguna jalan dipersilahkan untuk lurus dan masuk Pantura melalui Subang, Cikamurang, Kadipaten dan Cirebon.

Apabila terjadi kemacetan di jalur Pantura, pengguna jalan yang akan menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur, disarankan melalui lintas selatan atau masuk Cipularang dan keluar Cileunyi, Sumedang, Kadipaten dan Cirebon.

"Bisa juga melalui Nagrek, Malangbong, Tasikmalaya dan seterusnya," katanya.

Dengan demikan, untuk menuju Cirebon dari ruas Tol Jakarta- Cikampek, terdapat tiga jalur alternatif, alternatif pertama melalui jalur utara yaitu dari Cikampek lewat Pamanukan- Jatibarang - Palimanan- Cirebon.

Alternatif kedua melalui Jalur tengah yaitu Tol Cipularang keluar gerbang Tol Sadang, Subang- Cikamurang - Kadipaten - Palimanan - Cirebon. Dan alternatif ketiga melalui jalur selatan yaitu melalui Dawuan masuk Cipularang keluar di Cileunyi - Sumedang - Kadipaten- Palimanan- Cirebon.

Rora BABYMONSTER Alami Insiden di Atas Panggung,  Pergelangan Kaki Terkilir
Motor terbaru Harley-Davidson

Harley-Davidson Punya Cara Baru Jualan Motor

Harley-Davidson kian menunjukkan eksistensinya untuk lebih dekat dengan para konsumen dan komunitas, yaitu dengan menghadirkan Pop-up Store di pusat perbelanjaan Senayan

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024