Jenis Makanan Ampuh Pereda Nyeri (II)

Paprika merah
Sumber :

VIVAlife - Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin, berolahraga teratur, tentunya dapat meningkatkan kualitas hidup sehat. Ini memang lebih disarankan daripada Anda harus menyerahkan kesehatan pada obat-obatan kimia.

Bobby Ditangkap Polisi, Diduga Menghina Suku Pakpak

Terlebih bagi Anda yang sering mengeluhkan rasa nyeri. Baik nyeri pada punggung, otot, sendi, ataupun rasa nyeri karena sakit kepala. Sinyal dari tubuh ini tidak dapat dianggap sepele. Pada beberapa kasus, rasa nyeri juga dapat berakibat serius jika tidak segera ditangani. 

Pada nyeri sendi misalnya, bisa jadi ini akan berkembang pada kelumpuhan syaraf. Beberapa bahan makanan ini dapat digunakan sepagai alternatif untuk mencegah dan meredakan nyeri.

Piala AFF U-19 2024 Digelar di Surabaya

Kunyit

Jenis bumbu dapur ini sudah lama digunakan untuk pengobatan ayurvedic. Menghilangkan rasa sakit, dan mengatasi masalah pada pencernaan.  Para peneliti telah mengungkapkan jika kunyit bekerja sebagai anti inflamasi.

Kesalahan Produksi dan Kritik Diabaikan, Perusahaan Boeing Dalam Ambang Krisis

Melindungi tubuh dari kerusakan jaringan, peradangan sendi, dan menjaga fungsi sel tubuh. Jika Anda bukan termasuk penggemar bumbu ini, coba gunakan sebagai dressing pada salad dengan menaburkannya kunyit di atasnya. Atau sebagai bumbu tambahan untuk setiap masakan.

Yogurt
Seperti dilansir Fox, 20 persen penduduk di Amerika mengalami sindrom iritasi usus besar, dan masalah perut lainnya. Mereka hanya mengatasinya dengan yogurt. Bakteri baik yang bersifat prebiotik, dapat mengurangi rasa sakit, inflamasi, dan rasa kembung. Studi lain menemukan, jika yogurt yang berbahan dasar kedelai, adalah yogurt yang paling baik untuk mengatasi masalah-masalah ini.

Kopi
Bukan hanya meningkatkan konsentrasi, kopi juga menjadi obat yang baik untuk rasa nyeri kepala. "Kafeinnya akan membantu mengurangi rasa sakit dengan mempersempit pelebaran pembuluh darah yang menyebabkan sakit kepala," kata Dr Andrew Weil, pendiri dan direktur Arizona Center for Integrative Medicine.

Mint
Mengunyah daun peppermint adalah alasan Anda untuk menghindari kejang otot. Bahan ini juga bisa mengatasi iritasi pada usus besar dan menghilangkan sakit kepala. Jika tidak menyukai rasanya, Anda juga dapat menggunakan minyak aromaterapi mint, Anda cukup mengosokkannya pada pergelangan tangan dan menghirup aromanya.

Atau menyeduh teh mint dan daun winter green untuk meredakan semua rasa nyeri. Para ilmuwan menyebut daun winter green sebagai aspirin herbal, karena kandungan metil salisilat yang dapat memblok enzim peradangan dan nyeri. 

Edamame
Para peneliti dari Oklahoma State University mengungkapkan, edamame sebagai pereda nyeri. Mereka melalukan penelitian dengan memberikan seperempat cangkir edamame setiap hari, selama tiga bulan pada para responden. Hasilnya, para peserta merasakan pengungurangan nyeri yang biasa dialami.

Selain edamame, protein yang berbasis kedelai , baik itu kacang atau olahan susu juga dapat mengatasi rasa nyeri. "Tahu, tempe, dan bentuk fermentasi lain dari kedelai dapat juga mengatasi nyeri," kata Dillard, penulis 'The Chronic Pain Solution'.

Paprika
Bahan aktif dalam paprika yang disebut capsaicin akan bekerja merangsang syaraf untuk menepis rasa sakit. Biasanya, capsaicin digunakan pada obat kimia untuk meredakan rasa sakit arthritis. Meskipun zat ini paling ampuh untuk mengatasi arthritis, namun paprika juga ampuh mengatasi rasa nyeri yang lain.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya