Infrastruktur

XL Targetkan 16 Ribu BTS

Bersamaan dengan peluncuran program tarif promonya, XL juga menyatakan rencananya untuk memperluas jaringan infrastukturnya untuk memanjakan pelanggannya.

Puluhan Ribu Buruh Gelar Aksi May Day di Surabaya Besok, Ini Rutenya

Dari laporan terakhir, XL saat ini memiliki lebih dari 14 ribu BTS (Base Transciever Station) di tanah air. Jumlah ini mengalami peningkatan 4000 BTS dari jumlah yang dilaporkan pada  akhir 2007.

Akhir tahun ini, jelas Fermi, XL menargetkan penambahan jumlah BTS menjadi kurang lebih 16 ribu BTS hingga akhir tahun. "Sekitar 1000 BTS akan dibangun di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera, dua pulau yang memiliki populasi penduduk terpadat di Tanah Air," urai Fermi.

AMD Luncurkan Prosesor Ryzen Pro Baru Berteknologi AI

Untuk itu, Fermi memaparkan, besar capex (capital expenditure) XL yang disiapkan untuk membangun infrastruktur itu adalah sekitar US$ 1,250 miliar (Rp 12,5 triliun), meningkat US$ 550 juta dari sebelumnya.

Terkait layanan data XL 3G, Fermi mengatakan masih ada sekitar lima selot pita lagi yang tersisa. "Dua tahun lalu, spektrum yang disedikan memang dinilai kurang, tapi kini kami bisa menyiasatinya. Kami telah menemukan cara untuk mengoptimalisasi spektrum XL yang ada," kata Fermi.

Di Depan Putra Mahkota Arab Saudi, Anwar Ibrahim Singgung Konsisten Negara Islam Bela Palestina

Sementara menyambut era konvergensi digital, di mana arus trafik mobile internet akan semakin deras, Fermi menuturkan sudah ada pembicaraan di dalam kubu XL untuk menyiapkan layanan data yang berkualitas.

"Nanti akan diumumkan. Begitu kami mengeluarkan produk, berarti kami menyatakan infrastruktur XL sudah siap," pungkasnya.

Tim 7 Jokowi Bagi-bagi Susu Gratis Rayakan Kemenangan Prabowo-Gibran

Tim 7 Jokowi Bagi-bagi Susu Gratis Rayakan Kemenangan Prabowo-Gibran

Relawan Tim 7 Joko Widodo (Jokowi) merayakan kemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih periode 2024-2029. Adapun,

img_title
VIVA.co.id
30 April 2024