Di Sini, Limbah Kotoran Manusia dan Sapi Diubah Jadi Bahan Bakar

Energi alternatif briket dari limbah kertas dan kotoran sapi
Sumber :
  • Antara/ Ari Bowo Sucipto
VIVAnews - Sumber energi tak melulu soal yang ada di dalam bumi, namun bisa memanfaatkan unsur yang sudah terbuang seperti halnya limbah.
Israel Ketar-ketir ICC Terbitkan Surat Penangkapan Netanyahu

Munandar, Koordinator Kegiatan Agro Techno Park (ATP) mengatakan kotoran sapi bisa digunakan untuk energi yang dikenal dengan biogas.
Alasan Anwar Fuady Kepincut Wiwiet Tatung hingga Mantap Menikah di Usia 77

"Tak hanya kotoran sapi, kotoran manusia dan limbah organik pun bisa dimanfaatkan untuk gas yang bisa digunakan untuk memasak dan lainnya," kata dia ditemui di Agro Techno Park, Palembang, Selasa 16 September 2014.
Starlink 'Main' di Daerah 3T Saja, Jangan Perkotaan

Untuk pemanfaatan limbah tersebut, kata Munandar, ditampung di sebuah tabung bernama biodigester. Alat tersebut, dirancang untuk menyimpan limbah, yang kemudian diproses untuk dijadikan gas metan.

Munandar mengatakan, bila limbah kotoran tersebut dibiarkan akan menjadi ancaman untuk rumah kaca di atmosfer. Kata dia, gas metan lebih berbahaya 25 kali lipat daripada karbon dioksida.

"Kalau dijadikan gas, ia akan hilang jadi bahan bakar masak dengan pas masak itu, takkan membahayakan atmosfer lagi," jelasnya.

Munandar menambahkan, pemanfaatan kotoran sapi tersebut, sudah dilakukan beberapa peternak untuk dijadikan bahan bakar gas. Namun, menurutnya, limbah kotoran itu mesti dimanfaatkan sebaik mungkin, ketimbang membahayakan atmotsfer.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, meski tak berdampak langsung kepada manusia, gas metan yang seperti organik yang membusuk salah satunya akan memengaruhi perubahan iklim.

"Di Tiongkok saja, banyak yang menggunakan kotoran manusia untuk jadi gas. Tetapi, kalau di Indonesia mana ada yang mau," ungkapnya. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya