Restoran India di Bangkok Raih Gelar Terbaik Se-Asia

Menu Adiboga Molekular Chef Anand di Gaggan Restoran, Bangkok
Sumber :
  • Gaggan

VIVA.co.id - Thailand boleh berbangga hati. Selama dua tahun berturut-turut Thailand memenangkan gelar Restoran Terbaik Se-Asia dari The S.Pellegrino dan Acqua Panna, supremasi penghargaan di dunia adiboga. 

Makan Malam Termahal di Dunia Bertarif Rp26 Miliar

Sensasi Makan di Dalam Gelembung

Tahun ini, Gaggan, sebuah restoran India yang berlokasi di Bangkok, dinobatkan jadi yang terbaik. Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan di Capella Hotel, Singapura, belum lama ini. 

Tidak hanya yang terbaik di Asia, Gaggan juga memenangkan gelar yang terbaik di Thailand, dari anugerah San Pellegrino Asia's 50 Best Restaurant Awards 2015.

Lima Restoran Penguasa Masa Depan

Gaggan, pertama kali dibuka tahun 2010 oleh Chef Anand, dengan tujuan menghadirkan citarasa kuliner India modern. Anand menyajikan gaya berbeda dari menu tradisional India, menggunakan teknik memasak kontemporer serta sentuhan molekular yang menjadikan masakannya berbeda. 

Chef berusia 35 tahun itu juga merupakan juru masak India pertama yang berhasil magang bersama tim Ferran Adria di restoran legendaris el Bulli di Spanyol.

Bagi Anand, kemenangan tersebut menjadi kemenangan bagi kuliner India. 

"Penghargaan ini akan memotivasi banyak chef sekaligus menjadi momen membanggakan bagi India, yang punya warisan kuliner nan kaya," sebut Chef Anand.

Tahun ini merupakan kemenangan kedua yang diraih Thailand, tahun lalu, restoran Nahm di Bangkok, dianugerahi gelar sebagai Restoran Terbaik se-Asia.

Adapun peringkat kedua diraih restoran asal Tokyo, Jepang, Narisawa dan posisi ketiga direbut restoran Ultraviolet di Shanghai, Tiongkok.

Tidak ada restoran Indonesia

Sayangnya, dari daftar tersebut, tidak ada satupun restoran Indonesia yang berhasil masuk. 

Secara umum, Tiongkok menempatkan 16 restorannya di daftar 50 Restoran Terbaik versi S.Pellegrino, disusul Singapura yang menempatkan 10 restoran dan Jepang, 8 restoran. Negara lan yang masuk dalam daftar restoran terbaik adalah Filipina, melalui Antonio's, Kamboja lewat Cuisine Wat Damnak, kemudian Nihonbashi di Srilanka, Ryunique di Korea Selatan, Le Mout di Taiwan, serta Wasabi by Morimoto di India. 

"50 Restoran Terbaik di Asia 2015 bermaksud untuk merayakan keberhasilan, menghargai inovasi dan kerja keras, serta menyediakan panduan mengenai tempat-tempat yang terbaik untuk bersantap di seluruh benua Asia," terang William Drew, Editor Grup Asia's 50 Best Restaurants 2015.

Berikut merupakan daftar 10 Restoran Terbaik Se-Asia versi S.Pellegrino dan Acqua Panna:


![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya