Smartfren dan Haier Siapkan Smartphone LTE Rp2 Juta

Smartfren andalkan Haier untuk smartphone LTE
Sumber :
  • Viva.co.id/Beno Junianto

VIVA.co.id - Smartfren identik sebagai operator yang mampu menghadirkan smartphone dengan harga murah. Di tengah ramainya LTE dan harga smartphone yang masih mahal, Smartfren diandalkan untuk mampu menggelontorkan perangkat dengan harga murah.

Smartfren Hadirkan Modem Berkecepatan 150 Mbps

Sayangnya Smartfren mengaku belum bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Menurut pihak Smartfren, teknologi LTE yang masih baru membuat perangkat tersebut masih jauh dari harga murah.

"Kalau main (smartphone LTE) di bawah sejuta, saat ini belum bisa. Kontraktor-nya yang belum bisa," ujar Kepala Divisi Smartphone & Data Devices Smartfren, Sukaca Purwokardjono saat ditemui di pabrik ponsel Haier di Qingdao, Tiongkok, Rabu, 29 April 2015.

Smartfren: Ponsel Andromax Tak Bakal Redup

Country Manager Haier Product Indonesia, Kevin Jap menambahkan, jaringan telekomunikasi generasi keempat itu memang tergolong baru. Oleh karena itu, komponen pendukung untuk layanan tersebut pun masih baru sehingga harganya belum bisa ditekan.

Namun, menurut Sukaca, Smartfren tetap akan menghadirkan perangkat 4G LTE dengan harga kisaran Rp2 juta. Harga ini dianggap masih cukup murah untuk ukuran teknologi baru. Bahkan dibandingkan dengan smartphone LTE merek lain, harga ini jauh lebih murah. Smartphone LTE yang beredar saat ini masih di atas Rp6 jutaan.

Bumikan Internet Cepat, Smartfren Gandeng Lenovo

"Kami bekerja sama dengan Haier, produsen elektroik dari China, untuk memproduksi ponsel 4G Smartfren. Untuk harga, kami belum bisa memberitahu namun pastinya akan di bawah Rp2 juta," ujar Sukaca.

Smartphone Android yang dimaksud adalah penerus seri C dan seri G. Keduanya, selama ini, memang dihadirkan dengan harga yang relatif terjangkau. Untuk spesifikasinya bakal menggunakan Android Lollipop dan chipset Snapdragon 400.

Smartphone tersebut dijanjikan akan meluncur ke Indonesia dalam kurun satu atau dua bulan ke depan. Diklaim Sukaca, smartphone ini akan memiliki kelebihan akses internet yang supercepat. Jaringan Smartfren pun telah siap untuk digunakan pengguna LTE.

"Kalau LTE, jaringan kita sudah ready. Haier akan mempersiapkan perangkat yang LTE ready juga," kata dia.

Untuk cakupan, Smartfren memastikan kemunculannya secara bertahap dalam waktu dekat. Sayangnya, belum akan menjangkau luar pulau Jawa.

"Dalam waktu dekat hadir. Tahun ini. Bertahap. Kita ke kota-kota besar dulu seperti Jakarta, Surabaya."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya