Si Timur Tengah yang Menggoyang Lidah

Ilustrasi makanan Timur Tengah
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Lebaran 2015, Pendapatan PT KAI Melebihi Target.
- Shawarma, nasi mandi, atau pun nasi briyani merupakan tiga di antara menu-menu khas negara-negara di Timur Tengah. Rasanya yang berempah dan cara makannya yang khas telah memikat pemburu kulinerĀ  Indonesia. Tak heran jika makanan negeri-negeri kaya minyak itu kini menjadi primadona di tanah air. Terutama saat bulan suci Ramadhan tiba.

Pengguna KRL Naik 26 Persen Selama Libur Lebaran

Mencicipi hidangan-hidangan kaya rempah di bulan puasa tentu menjadi tantangan sendiri. Layaknya masyarakat Indonesia, penduduk di negara-negara Timur Tengah juga memiliki begitu banyak hidangan khas Ramadhan yang biasa mereka santap sebagai menu sahur, berbuka puasa hingga Hari Raya Idul Fitri.
Mayoritas Pemudik dari Sumatera Sudah Kembali ke Jawa


Untuk berbuka puasa, di negara-negara jazirah Arab ada berbagai macam minuman tradisional yang membantu menjalankan ibadah puasa tanpa harus mengalami dehidrasi. Minuman ini biasanya hanya muncul saat Ramadhan. Ada ramuan kurma dan susu, amar al-din yang terbuat dari aprikot kering atau pasta aprikot, khoshaf yang merupakan minuman campuran buah kering seperti kurma, aprikot dan kismis. Ada juga sobia yang terbuat dari fermentasi ringan roti cokelat, barley, rempah-rempah dan gula.

Sedangkan untuk kudapan, dari kawasan Timur Tengah yang cukup populer antara lain hummus. Hummus merupakan penganan yang terbuat dari chickpea. Penganan ini berupa saus. Temannya, roti pita atau kentang. Ada juga manakeesh atau pizzanya Arab. Layaknya pizza dari Italia, manakesh juga ditaburi keju dan daging cincang. Namun bumbunya sangat Arab, khas dan istimewa.

Penasaran mengulum menu lainnya untuk menyemarakkan puasa Anda dan keluarga? Tidak perlu jauh-jauh terbang ke wilayah Timur Tengah. Tak perlu pula bingung mencari resepnya. Di Jakarta, kini telah hadir sejumlah restoran khas Timur Tengah yang dapat Anda singgahi pada pertengahan hingga akhir Ramadhan nanti. Masing-masing restoran tentu memiliki menu andalan.

Aljazeerah Restaurant & Cafe

Restoran ini telah menjadi salah satu restoran Timur Tengah yang paling populer di Ibukota. Bahkan hanya di sini lah restoran yang menyediakan pelayanan khusus berbahasa Arab, membuat siapa pun yang berkunjung merasakan pengalaman bersantap unik layaknya berada di Timur Tengah.


Terletak di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Aljazeerah menyediakan deretan menu dari sejumlah negara di Timur Tengah yang kaya akan tumbuhan herbal dan rempah eksotik. Juru masak di sini juga menggunakan resep-resep tradisional Timur Tengah, sehingga rasa seluruh hidangannya begitu otentik dan dijamin akan memanjakan lidah para penggemar kuliner sejati.


Ada dua pilihan hidangan pembuka yang ditawarkan yaitu yang dingin dan yang hangat. Hidangan pembuka dingin terdiri dari Hummos, Baba Ghanuuj dan Mutabbal. Sedangkan yang panas antara lain Arayes, Mudamas, Laham Mulgagal dan Sambosak. Ada pula beberapa pilihan salad dan sup. Namun, yang bisa menjadi rekomendasi ialah sup Kawareh, Laham dan Burmh Yaman.


Tak lengkap bersantap di restoran Timur Tengah tanpa menyantap nasi rempah yaitu nasi biryani dan nasi mandi. Ada beberapa lauk pendamping yang bisa dipesan seperti ayam, dan domba. Rasa nasinya tidak berbeda jauh dengan olahan di negeri aslinya. Ada pula kebab dan kari Arab yang aromatik.


Aljazeerah Restaurant & Cafe
Jalan Raden Saleh Cikini no 58, Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330
(021) 3146108



Abunawas


Untuk Anda yang ingin merasakan deretan hidangan dari berbagai negara Timur Tengah wajib singgah ke restoran yang satu ini. Berlokasi di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, dan Matraman, Abunawas menawarkan bermacam-macam sajian istimewa dari negeri seribu satu malam.


Untuk hidangan pembuka Anda bisa memilih ragam sup aromatik. Ada pula beberapa cocolan khas Timur Tengah yang bisa disantap bersama roti mulai dari Houmus, Mutabal, Tabbula, Fatush, Baba Ghanong dan sebagainya. Ada juga kombinasi salad Turki dan Sambosa, pastry goreng isi daging domba, ayam atau keju.


Beralih ke hidangan utama, ada banyak pilihan yang dijamin akan membuat Anda bingung antara lain nasi tradisional Timur Tengah seperti nasi kapsah, daging domba bakar, kebab, ayam bakar dan okra. Tentu saja seluruhnya dimasak dengan racikan bumbu dan rempah khas Timur Tengah yang eksotik seperti sanin, minyak samin dan masih banyak lagi.


Tersedia pula shisha dan minuman khas Timur Tengah seperti kopi yang disajikan dengan rempah-rempah.


Di Abunawas, pengunjung bisa memilih gaya makan yang diinginkan. Seperti resto-resto pada umumnya, atau bergaya Timur Tengah. Jika memilih gaya Timur Tengah, pengunjung bisa menyantap hidangan secara lesehan. Restoran ini menyediakan lesehan ala Timur Tengah untuk kapasitas 5 orang dan 10 orang. Lesehan berkarpet tebal ini dilengkapi bantal sender tebal khas resto-resto di negeri minyak itu, lengkap dengan tirai yang membatasinya dengan pengunjung lain.


Abunawas
Jl Kemang Utara No.15, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan 12730
(021) 71794691, dan

Jl Matraman No. 15, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13140
(021) 8583914




Warung Turki by Turkuaz


Yang satu ini terbilang baru di Ibukota. Turkuaz sendiri memang merupakan nama sebuah restoran khas Turki yang telah lama dibuka di Jakarta. Respon pengunjung yang baik akan kuliner Turki pun membuat sang pemilik membuka restoran yang dinamakan Warung Turki yang kira-kira merupakan versi Turkuaz yang lebih mini layaknya kafe.


Meski begitu, Anda tak boleh meremehkan restoran ini. Walaupun disebut warung, namun restoran yang terletak di Jalan Kemang Raya ini menawarkan deretan menu otentik Turki. Yang menjadi daya tarik restoran bisa dibilang adalah menu-menu yang dimasak di dalam oven tradisional raksasa yang menggunakan kayu bakar.


Beberapa diantara menu-menu andalan yang patut Anda cicipi ialah roti pipih Turki. Setiap roti yang disajikan benar-benar fresh from the oven. Roti baru dimasak setelah pengunjung memesannya sehingga Anda dapat merasakan tekstur adonan yang masih segar dan hangat. Untuk itu, menu yang pas bagi penggemar roti ialah Peynirli Pide, roti tipis khas Turki yang disajikan bersama keju feta, mozzarella dan peterseli.


Sedangkan untuk penggila daging bisa mencicipi Dana Sis Kebab Plated yang terdiri dari daging sapi yang telah dipotong dadu dan dimarinasi bersama bumbu-bumbu kemudian dibungkus dengan adonan roti. Menu ini dilengkapi dengan irisan bawang merah segar. Ada pula Karides Izgara yaitu udang berbumbu yang dihidangkan dengan nasi Vermicelli yang kaya rempah.


Bersantap di dalamnya dijamin membuat Anda serasa berada di Turki karena aksen khas Timur Tengah yang kental. Interiornya juga terlihat elegan dengan dekorasi yang eye catching termasuk tegel mosaik dan lampu-lampu kaca berwarna-warni dengan desain yang berbeda-beda.


Warung Turki by Turkuaz
Jl Kemang Raya No. 18 A Kemang, Jakarta Selatan
(021)29055898 dan (021) 29055899



Al Nafoura Lebanese Restaurant


Anda yang penasaran dengan hidangan-hidangan khas Lebanon? Datanglah ke Al Nafoura Lebanese Restaurant. Terletak di Hotel Le Meridien, bagian dalam restoran berkonsep fine dining ini dihiasi dengan langit-langit yang diselimuti tenda berwarna-warmi. Tembok bebatuan membuat suasana khas Timur Tengah kian terasa.


Menu-menu yang ditawarkan seluruhnya kaya akan rempah mulai dari mix salad ala Persia, hummus, tajine, tabouleh, babaganoush dan masih banyak lagi. Pengunjung yang datang juga dapat melihat langsung proses memasak shawarma lewat open kitchen dan oven kayu bakar, tempat di mana seluruh roti mereka dipanggang. Beberapa pilihan hidangan utama selain shawarma antara lain beef tika dan lamb chops.


Tentu saja Anda tak boleh melewatkan hidangan pencuci mulut khas Lebanon seperti Asaba Halawa yaitu wafer biji wijen yang renyah dengan isian kacang pistachio, air mawar dan air perasan lemon yang diselimuti dengan saus kayu manis.


Al Nafoura lebanese Restaurant
Le Meridien Hotel, Ground Floor,
Jalan Jenderal Sudirman, Kav 18 - 20, Jakarta 10220
(021) 2513131



El Wajh Moroccan Restaurant & Lounge


Kuliner Maroko memang masih jarang ditemukan di Ibukota. Namun, jika Anda penasaran ingin mencicipi cita rasa negeri Timur tengah yang satu ini bisa berkunjung ke El Wajh Moroccan Restaurant & Lounge yang berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat.


Atmosfer restoran bergaya Maroko ini benar-benar kental dengan sentuhan Afrika Utara dengan dekorasi antik dan langit-langit yang dihiasi dengan tenda. El Wajh juga merupakan bagian dari grup Face Bar yang telah memiliki sejumlah restoran di seluruh dunia.


Beberapa menu populer Maroko yang ditawarkan antara lain Taboule atau salah khas Timur Tengah yang terdiri dari sayuran, daun mint, parsley, bawang merah serta tomat, dan Tajine yaitu sup kuah kental yang terdiri dari sayur, rempah dan daging. Ada pula berbagai menu minuman segar yang biasa ditemukan di Maroko seperti smoothie yang dibuat dari campuran buah-buahan, madu dan gradine yang akan membuat siapa pun ketagihan.


El Wajh Moroccan Restaurtant & Lounge
Jl Dr Kusuma Atmaja No. 85 Menteng Menteng Jakarta Pusat DKI Jakarta
(021) 3143469



Jadi buka puasa bersama di mana Anda, hari ini?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya