Dari Iseng-iseng, Wanita Ini Sukses Jadi Pengusaha Cokelat

La Cokelat
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dody Handoko
VIVA.co.id
Meski Ada Solusi Keringanan Pembayaran, BEM USU Tegas Menolak Kenaikan UKT
- Cokelat menjadi kudapan yang digemari semua kalangan usia. Berawal dari hobi, mencoba resep memasak cokelat, akhirnya Ellen Octavia berhasil menciptakan merek La Cokelat. Ia mengemas produknya dengan moto "Rasa Istimewa dengan Harga Terjangkau".

Nasib Program Kartu Prakerja di Era Prabowo-Gibran
 

Kemah di Kampus, Mahasiswa Jepang Desak Rektor Putus Kerjasama dengan Israel
Produksinya antara lain praline cokelat yang dicetak kecil-kecil berisi cashew nut, raisin, oreo, ganache, strawberry, blueberry,
dan lainnya. Harganya, hanya Rp1.500-10.000. Lalu, Candy satu toples Rp15 ribu-45 ribu, ChocoBar (berbentuk batangan dengan isi), Lolipop (dengan tangkai stick), aneka Gift Cokelat, dan parcel cokelat.
 
Chococard, cokelat berupa kartu ucapan, bentuk dan tulisan sesuai dengan keinginan konsumen harganya sekitar Rp15.000. Peak season-nya tiap hari raya seperti Lebaran, Natal, dan tahun baru, yang paling tinggi permintaannya tentu saat hari Valentine.
 
“Awalnya, setiap pulang kantor iseng-iseng bikin cokelat, lalu dibagi ke teman kantor, dicicipi tamu arisan, ternyata mereka bilang enak. Secara otodidak, saya coba berkreasi dan mengembangkannya,” ucap wanita kelahiran Bojonegoro, 28 Oktober 1974 itu.
 
Modal awalnya hanya bahan baku 1 kg cokelat Rp100 ribu. Hasilnya difoto-foto dengan ponsel untuk membuat brosur dan diunggah ke blog dengan label La Cokelat, berasal dari Nabila, --nama anak sulungnya--. Artinya, cokelatnya Nabila.
 
Usaha yang begitu sederhana ini, bisa diikuti oleh ibu-ibu rumah tangga atau para wanita kantoran. Produksinya dikerjakan sendiri tanpa karyawan di rumahnya kawasan Jakasetia, Bekasi. Bila permintaan banyak, maka saudara dan kerabatnya turut dikaryakan.

“Konsepnya based on order, kami produksi berdasarkan pesanan, tidak menyetok. Banyak yang minta untuk buka gerai supaya bisa mencicipi, tapi saya selalu menyertakan sample. Untuk pengiriman saya memakai jasa antaran,” ujarnya.

Dengan promosi lewat internet, maka jangkauan konsumennya pun tidak sekadar Jakarta dan sekitarnya. Ellen mengaku mendapat pesanan dari berbagai daerah seperti Bandung, Surabaya, Semarang, Cirebon bahkan luar Pulau Jawa, Aceh, Medan, Banjarmasin, Lampung, Manado, Balikpapan, Samarinda, dan lainnya.

“Agar cokelat tahan lama, tidak cepat rusak atau leleh, saya menggunakan cokelat yang berkualitas jenis Compound. Alatnya cukup sederhana, elektrik pencair cokelat dan aneka macam cetakan serta kemasan,” ungkap sarjana ekonomi jurusan akuntansi ini.

Kualitas, rasa, kreativitas, serta pelayanan, menjadi satu kesatuan kunci sukses yang harus dijaga demi berkembangnya bisnis cokelatnya.
Konferensi Pers Kampanye Shopee 6.6 Great Mid-Year Sale

Cara Zee, Freya, dan Christy JKT48 Melakukan Refleksi Tengah Tahun

Menurut Christy JKT48, mid-year reset adalah momen di mana kita bisa mengatur dan memastikan bahwa kita masih berada di jalur yang benar menuju tujuan kita.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2024