Jelang Libur Natal, 85 Persen Tiket KA Ekonomi Terjual

Stasiun Palmerah Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id - Menjelang liburan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016, 85 persen tiket kereta api sudah terjual.

Rekomendasi Tempat Camping Murah Pemandangan Indah di Semarang

Manajer Humas PT Kereta API Indonesia (KAI) Daerah Operasional (DAOP) 8, Suprapto, mengatakan tiket yang telah terjual itu merupakan tiket kereta api kelas ekonomi.


Tagar Boikot Menggema, Netizen Ngeri Liburan ke Thailand
“Sedangkan untuk kelas bisnis dan eksekutif masih ada,” ujar Suprapto, Senin, 21 Desember 2015.

Dear Millenial, Modal Rp50 Ribu Sekarang Udah Bisa Traveling
Suprapto mengakui, libur Natal dan Tahun Baru yang cukup panjang memang membuat pembelian terhadap tiket kereta api mengalami peningkatan. 

Suprapto memperkirakan peningkatan itu bisa mencapai 15 persen, jika dibandingkan dengan tahun 2014 yang hanya mencapai jumlah sebanyak 604.761 orang.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang itu, PT KAI pun mengoperasikan sebanyak 118 kereta api yang beroperasi di DAOP 8. Di antaranya terdiri dari 58 kereta api jarak dekat, 54 kereta api jarak jauh, dan lima kereta api jarak menengah.

“Sebanyak dua kereta api tambahan juga kami kerahkan dalam rangka menunjang semua kebutuhan,” kata Suprapto.

Suprapto memperkirakan puncak dari aktivitas liburan Natal terjadi pada 27 Desember 2015. Hal itu terbukti telah terjual habisnya tiket kereta api untuk jurusan Surabaya-Jakarta.

“Makanya, kami pun yakin jika pada liburan kali ini akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp49,58 miliar. Jauh lebih besar jika dibandingkan tahun 2014 yang hanya sekitar Rp42,05 miliar,” tuturnya. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya