Lima Langkah Pintar Bisa Liburan Tahunan

Ilustrasi wisata ke luar negeri
Sumber :
VIVA.co.id
Rekomendasi Tempat Camping Murah Pemandangan Indah di Semarang
- Bekerja dan melakoni segala aktivitas selama setahun penuh tentu saja akan memberi Anda kejenuhan tersendiri dan lelah dalam menjalani segala rutinitas harian yang membosankan. 

Tagar Boikot Menggema, Netizen Ngeri Liburan ke Thailand
Barangkali hal inilah yang membuat sebagian besar orang berpikir bahwa akan sangat penting untuk selalu melakukan liburan tahunan sebagai wujud apresiasi terhadap diri sendiri dan orang-orang tercinta.

Dear Millenial, Modal Rp50 Ribu Sekarang Udah Bisa Traveling
Banyak orang yang menjadikan liburan tahunan sebagai sebuah hal wajib dan merencanakan sejak jauh-jauh hari dengan matang. Tak tanggung-tanggung, mereka bahkan dapat menjadwalkan dan melakukan segala macam persiapan dari beberapa bulan sebelumnya.

Dengan cara menghubungi biro travel wisata dan melakukan diskusi awal, seperti menentukan destinasi wisata, transportasi, bahkan hotel/penginapan yang akan digunakan.

Hal tersebut memang penting dilakukan untuk memastikan banyak hal yang harus dipersiapkan, seperti:

•  Jadwal liburan (terutama bagi Anda yang berniat untuk liburan ke luar negeri), Anda perlu mencocokkan rencana liburan anda dengan musim/cuaca yang akan anda temui nantinya di sana. Jangan sampai anda datang pada musim yang salah dan malah hanya akan menghabiskan liburan anda dengan duduk dan tidur sepanjang hari di hotel.

•  Besaran biaya dan perkiraan kurs mata uang bagi anda yang akan berlibur ke luar negeri.

•  Informasi mengenai berbagai macam kebutuhan anda selama melakukan liburan tahunan.

Bagi Anda yang memiliki keinginan untuk melakukan liburan tahunan namun hanya memilki biaya yang terbatas saja, Anda dapat memanfaatkan beberapa langkah di bawah ini sebagai alternatif untuk dapat membiayai liburan tahunan:

1. Memulai gaya hidup hemat

Anda dapat mulai mempersiapkan liburan akhir tahun Anda dengan cara mengubah gaya hidup, mulailah menerapkan gaya hidup hemat dari dalam diri. Hindari segala bentuk pengeluaran yang tidak perlu anda lakukan.

Cobalah membatasi pengeluaran secara perlahan dengan cara mengurangi berbagai aktifitas yang hanya akan membuat kantong Anda terkuras, seperti, nongkrong di kafe, berbelanja, merokok dan yang lainnya. 

Meski sangat sepele, namun uang yang dapat Anda simpan selama setahun dari menghindari semua aktifitas tersebut akan cukup untuk membiayai liburan tahunan Anda.


2. Menabung

Miliki kebiasaan menabung dengan cara rajin menyisihkan sebagian penghasilan Anda setiap bulannya, buat tabungan khusus yang diperuntukkan bagi liburan tahunan. Dengan demikian Anda akan menjadi lebih mudah untuk mengontrol diri untuk tidak membelanjakannya.

Di sela-sela kegiatan menabung ini, Anda dapat mulai mencari informasi mengenai daerah tujuan liburan tahunan anda dan melakukan pengecekan tentang harga dan biaya perjalanan anda yang tentu saja akan membuat anda semakin semangat untuk terus manabung.

3. Bekerja sambilan

Bila memiliki waktu yang cukup, Anda juga dapat melakukan kerja sampingan sebagai jalan untuk mendapatkan dana tambahan untuk berlibur. Banyak pekerjaan mudah yang bisa anda lakukan, seperti, melakukan bisnis online atau berjualan pulsa.

Pilih pekerjaan yang dapat Anda lakukan dengan mudah tanpa mengganggu pekerjaan utama saat ini, karena tentu Anda tidak ingin kinerja di kantor menjadi menurun hanya karena merencanakan sebuah liburan tahunan.


4. Menjual barang bekas Anda

Anda dapat melakukan hal ini dengan sangat mudah, cukup mengunggah foto barang-barang bekas Anda dan mengiklankannya secara online, setelah itu pembeli melalui sambungan telepon akan menghubungi Anda, mudah bukan?

Selain praktis dan dapat menghasilkan uang sebagai dana liburan tahunan Anda, hal ini juga akan memberi keuntungan dalam mengelola barang-barang Anda dengan mudah karena yang tidak penting dapat Anda jual dengan mudah.  

5. Menfaatkan liburan gratis

Banyak trik yang dilakukan oleh biro travel untuk menjaring pelanggan yang akan menggunakan jasa mereka, salah satunya adalah dengan cara memberi program liburan gratis bagi yang dapat membawa/mengumpulkan sejumlah orang untuk berwisata. 

Anda tentu saja dapat memanfaatkan hal ini sebagai alternatif untuk mendapatkan liburan ke berbagai tujuan wisata secara gratis. Selain itu ada banyak promo dan undian yang menawarkan liburan gratis sebagai hadiahnya, kenapa tidak mencoba untuk mengikutinya, siapa tahu anda akan beruntung bukan?



Jadi, yuk kita liburan!

Banyak orang menganggap liburan sebagai suatu pemborosan. Padahal sebenarnya tidak, justru sebenarnya dia adalah sebuah kebutuhan yang mesti dipenuhi. Mengapa? Bayangkan kalau diri Anda sudah stres dengan banyaknya pekerjaan yang membebani setiap hari.

Bagaimana cara mengatasinya? Ya dengan! Meskipun begitu, buatlah liburan Anda menjadi lebih hemat. Caranya dengan memanfaatkan promo atau layanan liburan murah lain yang sekarang banyak ditawarkan secara online. Jadi, yuk siapkan dana liburan Anda!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya