Lima Kesalahan Anda Saat Mandi

Wanita mandi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Meski terlihat mudah dilakukan, hanya perlu menyalakan pancuran, membilas sabun, kemudian mengeringkan tubuh, ternyata ada beberapa kesalahan saat mandi yang bisa membuat kulit menjadi kering.

Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas
Berikut ini lima kesalahan yang paling sering dilakukan saat mandi, yang diungkapkan oleh Woolery -Lloyd, co-founder Specific Beauty Skincare, dan Heidi Waldorf, Direktur Laser dan Dermatologi di Mount Sinai Hospital, New York, seperti dilansir Huffington Post.
 
Sering Mandi Bisa Sebabkan Iritasi
Mandi air panas terlalu lama
 
Manfaat 'Hyaluronic Acid' untuk Kulit
Memang lebih nyaman mandi dengan air panas saat cuaca dingin, namun hal ini tidak baik untuk kulit. "Mandi air panas terlalu lama bisa meningkatkan rasa gatal bahkan meski orang tersebut tidak memiliki eksim," ujar Woolery-Llyod. Cara yang baik adalah dengan menjaga suhu air hangat, dan mandi dalam waktu singkat. 
 
Busa berlebihan saat menggunakan shower gel dan sabun mandi
 
Semakin banyak busa dan gelembung sabun, hanya akan lebih banyak mengurangi minyak alami pada kulit. Selain itu, jika tidak ada permasalahan kulit, sebaiknya tidak menggunakan sabun antibakteri dalam bentuk batang ataupun cairan untuk penggunaan sehari-hari
 
Tidak bersih saat membilas
 
Ahli dermatologi telah memperingatkan bahwa saat tidak tuntas membilas sabun saat mandi bisa menyebabkan iritasi dan kekeringan.
 
Penggunaan masker wajah usai mandi
 
Woolery mengatakan bahwa masker wajah seharusnya digunakan sebelum mencuci muka, mencuci sebelum dan setelah menggunakan masker akan membuat kulit jenis apa pun menjadi kering. "Semua yang digunakan usai mandi akan lebih cepat terserap, jadi iritasi akan lebih sering terjadi. Produk yang penting digunakan usai mandi adalah sesuatu yang melembabkan kulit," ujar dia.
 
Salah menggunakan handuk
 
Biasanya mengeringkan tubuh menggunakan handuk akan dilakukan secepat mungkin, dengan cara menggosok, terutama saat musim hujan. Padahal cara ini salah, yang benar adalah dengan menepuk lembut kulit dengan handuk.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya