Mau Pelihara Hewan? Pertimbangkan Biayanya

Ilustrasi hewan peliharaan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Banyak orang yang ingin sekali memiliki hewan peliharaan, karena terlihat menyenangkan dan keadaan di rumah akan tambah ramai dengan hadirnya beberapa hewan peliharaan apalagi hewan yang memiliki tingkah-tingkah lucu dan menggemaskan.

Viral Pemudik Taruh Kucing di Atap Mobil, Netizen: Kendaraan Elit Kandang Sulit

Namun, banyak hal yang harus kita perhatikan dalam memelihara hewan, bukan hanya keisengan serta keinginan memiliki hewan tersebut tapi kita juga perlu bertanggungjawab untuk merawatnya, karena bagaimana pun mereka juga adalah makhluk hidup yang harus kita rawat, memberi makan, memberikan tempat tinggal yang nyaman bukan hanya sembarang “memelihara”.

Dengan kita menyalurkan hobi kita karena menyukai hewan peliharaan serta merawatnya dengan baik, kita juga bisa mendapatkan reward yang tentunya akan membanggakan diri kita sendiri. 

Sherina Munaf Ingatkan Jangan Pelihara Kucing Hanya untuk Gaya-gayaan

Bayangkan saja jika kita berhasil merawat anjing atau kucing hingga menjadi pintar dalam berbagai hal meniru manusia, kita bisa membawanya dalam berbagai kompetisi, atau dengan mempercantik hewan-hewan tersebut kita juga bisa mengikutsertakan pada berbagai kompetisi untuk memamerkan kecantikan hewan tersebut.

Dan berikut biaya yang harus kita pertimbangkan dalam memelihara hewan :

5 Bahasa Kucing yang Harus Dipahami Pemiliknya

1. Biaya makanan

Makanan adalah hal yang terpenting bagi semua makhluk hidup, termasuk hewan peliharaan. Dengan memberi makanan yang sehat serta bergizi pada hewan, maka hewan tersebut akan tumbuh besar dan sehat serta akan lebih menurut pada majikannya.

Mengapa?karena hewan peliharaan seperti anjing dan kucing memiliki insting yang sangat kuat terhadap pemiliknya, maka dari itu jika kita merawatnya dengan baik, hewan tersebut akan baik pula terhadap kita.

Biaya makanan hewan yang penuh gizi dan nutrisi seringkali menghabiskan uang dalam kantong kita karena harganya yang mahal bisa mencapai 200-250 ribu dalam sebulan, maka dari itu kita harus cermat. Banyak cara menghemat dengan membuat makanan hewan sendiri dengan nutrisi yang baik, walaupun cara ini dianggap sulit namun sekarang sudah banyak tutorial-tutorial di internet yang membahas cara pembuatan makanan hewan peliharaan.

Baca Juga: Cara Daftar Internet Banking di 4 Bank Terbesar di Indonesia

2. Biaya kesehatan

Tentunya kita juga harus melakukan cek kesehatan terhadap hewan peliharaan kita secara rutin agar tidak terkena penyakit yang membahayakan. Cek kesehatan ini bisa dilakukan selama 2-3 bulan sekali, biaya cek kesehatan pada dokter-dokter hewan kisaran Rp250-300 ribu dan jika hewan kita kondisinya sedang tidak baik serta membutuhkan vitamin dan asupan lainnya, harganya bervariasi bisa hingga Rp500 ribu.

Baca Juga: 5 Kesalahan Umum Saat Membeli Mobil Bekas

3. Biaya perlengkapan dan mainan

Kata siapa hanya manusia yang membutuhkan mainan?hewan-hewan juga membutuhkan permainan agar dapat kita latih menjadi jinak. Mereka akan merasakan kasih sayang kita dari perhatian dan bagaimana cara kita berinteraksi dengannya. Perlengkapan seperti kandang yang menarik dan mainan untuk menyenangkan si hewan biasanya memiliki nilai yang cukup tinggi, lebih bagus dan lebih unik maka harganya pun lebih mahal.

Contohnya dalam perlengkapan dan mainan kucing, dari tempat tidur yang nyaman saja bisa mencapai Rp300 ribuan, untuk kandang sendiri jika kita memiliki kemampuan dan waktu luang kita bisa membuatnya sendiri untuk lebih menghemat biaya.

4. Biaya perawatan

Hewan itu hampir sama kebutuhannya dengan manusia, yap! Mereka juga butuh untuk sekedar menyalon seperti membersihkan kotoran-kotoran yang sulit kita bersihkan sendiri, perawatan bulu hewan seperti anjing dan kucing, serta belum lagi untuk mempercantik hewan peliharaan kita dengan berbagai style unik si hewan. 

Biaya yang kita keluarkan tergantung hewan apa yang kita pelihara dan perawatan apa yang akan kita lakukan, biasanya untuk hewan berbulu seperti kelinci, kucing dan anjing berkisar dengan harga Rp200-350 ribu dalam setiap perawatan.

Baca juga: Mau Kredit Motor Bekas? Ini Untung Dan Ruginya

5. Biaya penitipan

Saat kita pergi pastinya akan ada beberapa tempat yang tidak memungkinkan kita membawa si hewan kesayangan kita tersebut sehingga kita harus meninggalkannya dengan cara menitipkan, karena hewan peliharaan kita tidak mungkin kita tinggalkan sendiri dalam rumah apalagi dalam waktu yang lama. 

Biaya penitipan yang ditawarkan juga sangat bervariasi, jika kita menitipkan pada tetangga juga tidak akan gratis karena hewan tersebut juga butuh makanan yang harus kita sediakan atau beli menggunakan uang. Untuk tariff pet care sendiri biasanya berkisar Rp50 ribu hingga 75 ribu per hari, yang sudah termasuk tempat tinggal, makanan serta perawatan selama hewan itu dititipkan.

Baca juga: 6 Ide Bisnis Waralaba yang Menguntungkan

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya