Nusakambangan Akan Dijadikan Lumbung Sapi

Dermaga Sodong Nusakambangan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad Solihin

VIVA.co.id – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia akan mewujudkan kawasan penjara di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, sebagai lapas industri. Salah satu program yang disiapkan adalah menjadikan Nusakambangan sebagai daerah lumbung sapi Pulau Jawa.

Napi China Kabur, Puluhan Bandar Narkoba Dipindah ke Nusakambangan

Direktur Jenderal Pemasyarakatan, I Wayan K. Dusak, mengatakan, program industrial di Lapas Nusakambangan menjadi fokus Ditjen PAS di awal tahun 2017. Menurutnya, pulau penyangga di Selatan Jawa Tengah ini menyimpan potensi besar, baik dari sisi sosial maupun ekonomi.

"Salah satu sumber daya alam potensial dalam pengembangan industri peternakan yang bisa dilakukan adalah peternakan yang mampu mencapai 21 ribu ekor sapi per tahun," kata Dusak, Jumat, 13 Januari 2017.

Racik Ekstasi di Rumah Sakit, Napi AU Bisa Produksi 100 Butir Sehari

Karenanya, pihaknya bertekad untuk mengembalikan kejayaan pemasyarakatan di Nusakambangan menjadi pusat lumbung sapi di Pulau Jawa, khususnya di wilayah Jawa Tengah.

"Dulu, saat zaman Belanda, palawija dan karet dibawa ke Nusakambangan, diolah dengan stempel Nusakambangan, dan dijual di Eropa. Artinya, produk Nusakambangan sejak zaman Belanda sudah dikenal di luar negeri,” tutur Dusak.

Produksi Narkoba di RS, Napi Ini Dieksekusi ke Lapas Nusakambangan

Menurut dia, untuk mencapai terget itu, harus menjadikan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) lebih produktif. Diperlukan pula, regulasi pengelolaan lahan Nusakambangan, serta adanya investor. (asp)

Lapas Nusakambangan - yoga

3 Lapas Baru Teroris di Nusakambangan Rampung Tahun Depan

Lapas baru yang dibangun di Nusakambangan untuk teroris itu, ada yang maximum security, ada juga yang minimum security.

img_title
VIVA.co.id
20 Mei 2021