Tiga Pertanyaan Simpel yang Menjebak saat Wawancara Kerja

wawancara kerja
Sumber :

VIVA – Setiap manajer perekrutan yang cerdas, tahu parsis apa yang akan ditanyakannya saat wawancara kandidiat karyawan yang diinginkan. Pertanyaan tersebut kadang sederhana, namun memiliki makna yang dalam. 

Punya Skill di Atas Rata-rata, Wanita Ini Curhat Susah Dapat Kerja

Dilansir dari Business Insider, Kamis 28 Maret 2018, jika kandidat tidak menyadarinya, tanpa disadari seluruh informasi yang dibutuhkan pewawancara dengan mudah didapatkan. 

Karena itu, penting bagi pelamar pekerjaan tahu apa saja pertanyaan yang bisa mengelabui saat sedang wawancara kerja. Berikut ini adalah tiga pertanyaan tersebut dan cara untuk menjawabnya. 

Mau Resign dalam Waktu Dekat? Pikirkan 5 Hal Ini Biar Gak Zonk!

1. Bagaimana Anda mendeskripsikan diri dalam satu kata?

Dengan pertanyaan ini, pewawancara cenderung berharap untuk memperoleh beberapa poin. Yaitu tipe kepribadian Anda, gaya kerja dan apakah Anda cocok dengan lowongan yang tersedia. 

Viral Pemuda Difabel Yatim Piatu asal Jember, Nekat Jalan Kaki ke Bojonegoro Demi Mencari Pekerjaan

Jika ragu, pilihlah jawaban yang konservatif. Cobalah menyesuaikan respons Anda terhadap pertanyaan yang dimaksud. 

2. Kenapa Anda mau kerja di perusahaan ini? 

Pertanyaan ini diajukan karena perekrut ingin tahu seberapa besar Anda meluangkan waktu meneliti perusahaan dan memahami bidang usaha perusahaan tersebut. 

Perusahaan juga ingin tahu sebenarnya apa yang diinginkan Anda dalam pekerjaan ini. Jawablah dengan jujur pertanyaan ini. 

3. Kenapa Anda meninggalkan pekerjaan sebelumnya? 

Pewawancara mencoba untuk mengetahui masalah apa yang terjadi pada Anda di tempat pekerjaan sebelumnya. Dengan demikian ada langkah antisipasi yang disiapkan. 

Jawablah dengan diplomasi pertanyaan ini, jangan membuat keraguan sang pewawancara. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya