97 Persen Selesai, Jokowi Akan Resmikan Jalur KA ke Kuala Tanjung

Jalur rel kereta api untuk batu bara.
Sumber :
  • Antara/ Kristian Ali

VIVA – Jalur rel kereta api Bandar Tinggi-Pelabuhan Kuala Tanjung di Sumatra Utara, siap beroperasi. Namun, beroperasinya jalur kereta api tersebut menunggu diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, dalam waktu dekat ini.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

"Sudah 97 persen, tinggal finishing saja dengan jalur kereta api sepanjang 21,5 kilometer. Kalau yang meresmikan, Pak Presiden," kata Kasubag Tata Usaha Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatra Bagian Utara, Oktaviandy Ali, saat dikonfirmasi VIVA, Senin, 13 Agustus 2018.

Peresmian jalur KA itu, bersamaan dengan peresmian Pelabuhan Kuala Tanjung, Kabupaten Batubara. Ali menyebutkan, pembangunan jalur kereta api untuk mendukung infrastruktur dalam proses pengangkutan di Pelabuhan Kuala Tanjung dengan menggunakan kereta api khusus peti kemas.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

"Jalur kereta api ini dilengkapi dengan tiga stasiun kereta. Yaitu Stasiun Tanjung Gading, Stasiun Kuala Tanjung, dan Stasiun Pelabuhan Kuala Tanjung," tutur Ali.

Ia mengatakan, dalam pembangunan jalur kereta api yang dilakukan Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Sumatra Bagian Utara tidak ada mengalami kendala berarti. Tapi, hanya menunggu resmi beroperasi keseluruhannya.

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi

"Kendala tinggal finishing saja ya. Sama dengan akses kolektor. Untuk itu, kami butuh pengadaan tanah lagi di lintas Bandar Tinggi-Kuala Tanjung," ucap Ali.

Rencana pengoperasian ini molor dari jadwal. Sebelumnya dijadwalkan pada Juli 2018. Karena, menunggu pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung selesai dilakukan pengerjaan keseluruhannya.

"Kalau mereka belum selesai. Kami belum bisa beroperasi. Prinsipnya kami menunggu mereka dulu. Iya dari keseluruhannya diresmikan Pak Presiden, rel kerata api dan pelabuhannya (secara bersamaan)," kata Ali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya