Ketemu Ridwan Kamil, Dewan Asuransi Jelaskan Pentingnya Berasuransi

Audiensi Dewan Asuransi Indonesia.
Sumber :
  • Dokumentasi Dewan Asurnsi Indonesia.

VIVA – Dewan Asuransi Indonesia terus melakukan upaya peningkatan literasi dan edukasi pentingnya berasuransi di Indonesia. Salah satunya dengan menggelar Insurance Day, yang tahun ini puncaknya akan digelar di Bandung, Jawa Barat, 16-18 November mendatang. 

OJK Cabut Izin Usaha Asuransi WanaArtha Life

Ketua Dewan Asuransi Indonesia Dadang Sukresna mengatakan, edukasi kepada masyarakat Indonesia mengenai berasuransi sangat diperlukan. Sebab, asuransi sangat dekat hubungannnya dengan masyarakat dalam menjalani kehidupan. 

Hal tersebut diungkapkannya, saat bertemu dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Selasa 6 November 2018. 

OJK: Pertumbuhan Industri Asuransi 2023 Perlu Didukung Relaksasi

"Masih banyak masyarakat yang belum paham mengenai asuransi dan manfaat produk-produk asuransi," tegas Dadang dikutip dari keterangan resminya Jumat 9 November 2018. 

Dia mengungkapkan, Insurance Day 2018 mengusung tema ‘Mari Berasuransi’, dengan sub tema Cerdas, Mandiri, Sejahtera, membawa pesan untuk bersama-sama mengajak masyarakat Indonesia agar lebih mengenal asuransi.  Salah satu caranya adalah dengan melakukan literasi keuangan yang konsisten dan berkelanjutan. 

Industri Asuransi Optimistis Resesi Global 2023 Bakal Ciptakan Peluang Jangka Panjang

“Semarak kegiatan Insurance Day 2018 telah dilakukan mulai bulan Oktober 2018 lalu dan mendapat apresiasi penghargaan dari Musium Rekor Indonesia, sebagai kegiatan Literasi Asuransi Terbanyak di 18 kota, dengan total peserta yang mengikuti kegiatan literasi berjumlah 6.065 peserta selama Insurance Day 2018 berlangsung” tutur Dadang.

Sementara itu, Ketua Panitia Insurance Day 2018 Yanti Parapat menyampaikan, pemilihan kota Bandung, karena kota itu merupakan salah satu kota yang memiliki sumber daya manusia yang kreatif, aktif dan inovatif. Hal tersebut sesuai dengan fokus Insurance Day yang menyasar generasi milenial. 

“Kegiatan ini bertujuan menjadi sebuah daya tarik secara masive kepada masyarakat, untuk sadar pentingnya berasuransi, sesuai dengan tagline yang diluncurkan Mari Berasuransi” papar Yanti.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku akan mendukung penuh perhelatan Insurance Day. Kegiatan ini pun diminta tidak hanya ceremonial belaka, tapi juga dapat memberikan peluang bagi industri asuransi khususnya di Jawa Barat.

”Perlunya industri asuransi memberikan data statistik mengenai asuransi jiwa, asuransi umum dan industri asuransi lainnya di Jawa Barat, sehingga hubungan akan berlanjut kepada tatanan hubungan strategis, dimana pemda dapat menentukan kebijakan bagi masyarakat Jawa Barat terkait manfaat asuransi,” tambahnya.

Dia juga mengatakan, perlunya koordinasi antara Pemda Jabar dengan industri asuransi, untuk membahas kemungkinan kerja sama dalam lima tahun ke depan bagi masyarakat Jabar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya