Hanya 3 Bandara Laik Bersih dan Sehat di Indonesia, Mana Saja

Sejumlah penumpang berjalan seusai menggunakan jasa transportasi kereta bandara Railink di Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Kementerian Kesehatan menyebutkan hanya tiga bandara udara yang laik disebut bandara bersih dan sehat. Tiga bandara tersebut berada di bawah naungan PT Angkasa Pura II.

AP I Terapkan Aturan Baru Perjalanan Udara Domestik, Ini Rinciannya

"Ini salah satu strategi untuk meningkatkan komitmen seluruh lembaga publik, tidak hanya kementerian lembaga tapi juga perusahaan dan tempat tempat pelayanan publik lainnya seperti, bandara dan pelabuhan untuk bagaimana mereka bisa berikan pelayanan terbaik dengan responsif gender ramah anak," kata Kepala Biro Hukum dan Humas Kementerian PPPA, Titi Eko Rahayu saat memberikan predikat bandara sehat di Tangerang, Minggu, 11 November 2018.

Dikategorikan laik apabila ada tempat pelayanan publik tersebut dapat menyediakan sarana yang ramah terhadap perempuan yang masih dalam fase menyusui untuk bisa memerah atau memberikan asi bagi bayi serta, bersih.

Penumpang Domestik di Bandara Soetta Masih Wajib Antigen

"Tiga bandara ini sudah lolos dari kriteria sehat pada kami. Kami harap, seluruh bandara atau pelabuhan nantinya juga bisa mendapatkan predikat ini, karena sejauh ini masih sedikit pelayanan publik yang dapat disebut sehat. Sehat ini pun juga kami lihat dari tingkat kebersihannya," ujarnya.

Senior Manager Safety Risk and Quality Control Angkasa Pura II, Syaiful Bahri mengatakan, ketiga bandara yang memperoleh penghargaan sebagai Bandara Sehat 2018 adalah Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang, Bandara Husen Sastranegara Bandung dan Bandara Tanjung Pinang.

Polres Bandara Tangkap Peretas PeduliLindungi dan Pemalsu Hasil Swab

"Ini penghargaan dua tahun sekali oleh Kementerian Kesehatan. Dan ini kedua kalinya, kemarin itu pada 2016. Untuk kebersihan ini juga bukan semata-mata agar dapat predikat tapi memang kewajiban memberikan bandara yang bersih, sehat dan ramah lingkungan. Melainkan tugas untuk melayani sebagai sarana publik," ungkapnya.

Selanjutnya pihak Angkasa Pura II berjanji akan meningkatkan kualitas kebersihan pada bandara lainnya dibawa naungan AP II.

Layanan pemeriksaan Antigen/PCR di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang

Layanan PCR dan Antigen di Bandara Soetta Tetap Dibuka

Layanan tes antigen atau PCR di Bandara Seokarno-Hatta tetap dibuka, meskipun pemerintah telah meniadakan syarat tersebut

img_title
VIVA.co.id
9 Maret 2022