Tangsel Butuh Hunian Vertikal, Ini Penjelasan Wali Kota Airin

Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), Airin Rachmi Diany (kanan)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok A

VIVA – Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany menyebutkan, hunian dengan bentuk bangunan vertikal saat ini tengah dibutuhkan di wilayahnya. Hal itu lantaran, kini Tangerang Selatan jadi tujuan utama pendatang.

Airin dan Zaki Iskandar Daftar jadi Bakal Cagub Banten-Jakarta ke PKB

Tangerang Selatan pun merupakan wilayah yang disebut sebagai lokasi investasi. Dengan jumlah kurang lebih satu juta penduduk dan luas 147,19 kilometer persegi, Tangsel juga daerah pemekaran atas Kabupaten Tangerang.

"Lahan yang ada pada daerah Tangerang Selatan sangat minim, karena pemekaran dengan jumlah populasi yang terus meningkat setiap tahunnya sebesar 3,17 persen. Adanya hal tersebut, kita harus memikirkan bagaimana menyediakan rumah layak huni dengan keterbatasan lahan," kata Airin di Tangerang, Senin, 10 Desember 2018.

Sapu Bersih! Airin Ngelamar Jadi Bakal Cagub Banten ke 4 Parpol

Airin juga menerangkan, dengan konsep rumah bergaya arsitektur vertikal dan berada di kawasan stasiun itu pun, dapat mengurangi kepadatan kendaraan di wilayah Tangerang Selatan.

"Dan tentunya bahwa dengan konsep TOD (Transit Oriented Development) ini bisa kurangi kemacetan yang ada setiap hari terutama di Stasiun Rawa Buntu. Bahkan, di daerah Tangsel disediakan rumah susun di dua tempat, di mana satu lagi itu ada di Stasiun Jurangmangu," ungkapnya.

Golkar Melejit di Pileg 2024, Airin Soroti Peran Besar Kader Perempuan

Rumah susun yang masuk dalam kawasan Tangerang Selatan yakni, Stasiun Rawa Buntu sebanyak 3.632 hunian yang selesai pada 2020, Stasiun Jurangmangu sebanyak 4.510 hunian yang selesai pada 2023. Sementara itu, Stasiun Cisauk sebanyak 2.641 hunian yang selesai pada 2021 masuk dalam kawasan Kabupaten Tangerang. (art)

Airin Rachmi Diany

Selain PKB, Airin Sudah Daftar kepada 4 Parpol untuk Maju Pilgub Banten

Mantan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany mengaku sudah mendaftarkan diri kepada 4 partai politik untuk maju di Pilgub Banten 2024. Hal itu dikatakan ketika.

img_title
VIVA.co.id
3 Mei 2024