Logo WARTAEKONOMI

UKM Dinilai Harus Manfaatkan Kekuatan Analitik, Ini Langkahnya

UKM Dinilai Harus Manfaatkan Kekuatan Analitik, Ini 5 Langkahnya. (FOTO: Unsplash/Rawpixel)
UKM Dinilai Harus Manfaatkan Kekuatan Analitik, Ini 5 Langkahnya. (FOTO: Unsplash/Rawpixel)
Sumber :
  • wartaekonomi

Terlepas dari perhatian yang diberikan pada perusahaan multi-nasional, korporasi yang terkait dengan pemerintah, dan perusahaan publik lokal terkemuka, faktanya adalah ekonomi negara-negara anggota Asean didominasi oleh usaha kecil dan menengah (UKM). Hal ini dikemukakan Gibu Mathew, Wakil Presiden dan General Manager Asia Pasifik untuk Zoho Corporation.

Terlebih lagi, menurutnya, usaha mikro, kecil dan menengah mewakili sekitar 97-99% populasi perusahaan di sebagian besar negara-negara Asean.

Asia Tenggara sebagai salah satu daerah dengan pertumbuhan tercepat di dunia serta usaha kecil dan menengah memiliki jendela peluang yang besar, mereka tetap harus meningkatkan daya saing jika ingin bertahan dan tumbuh di pasar yang kompetitif.

Menurut Gibu Mathew, yang harus dilakukan UKM adalah mengerahkan kekuatan analitik, seperti:

Memadukan data lintas silo tradisional

Bisnis global dari segala ukuran dan di setiap sektor menghadapi peningkatan kompleksitas dan volatilitas pasar. Sebagai tanggapan, hampir semua fungsi bisnis beralih ke analisis dan wawasan berbasis data sebagai cara untuk mengelola ketidakpastian yang semakin meningkat dan mengejar pertumbuhan melalui pemahaman yang lebih baik tentang basis pelanggan organisasi mereka.

Menanggapi permintaan konsumen untuk terlibat dengan vendor mereka, banyak UKM sudah menggunakan berbagai alat untuk mendukung dan melacak pelanggan, mengelola media sosial, serta menjalankan kampanye iklan.