Kemenhub Siapkan 50 Tempat Parkir Sepeda di Wilayah Jakarta

Ilustrasi bersepeda.
Sumber :
  • VIVA/Dusep Malik

VIVA – Kementerian Perhubungan menggelar Pekan Sepeda Nasional sebagai bagian dari acara peringatan Pekan Nasional Keselamatan Jalan Tahun 2020.

Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional RI Jadi 17, Simak Daftarnya

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, menjelaskan, dalam Pekan Sepeda Nasional 2020 ini pihaknya akan menyerahkan secara simbolis tempat dan alat kelengkapan parkir sepeda, di empat titik lokasi yang berbeda.

Keempat titik tersebut yakni berada di kantor Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Stasiun Kereta Api Pasar Minggu, dan di SD Negeri Batu Ampar 02 Condet, Jakarta Timur.

Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

"Keempat titik ini adalah sebagian dari total 50 tempat dan alat parkir sepeda yang telah kami bagikan, khususnya di wilayah DKI Jakarta," kata Budi dalam telekonferensi, Jumat 25 September 2020.

Baca juga: 3 Maskapai Kena Sanksi Langgar Aturan Jaga Jarak di Pesawat

Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato Gorontalo Senilai Rp437 Miliar

Budi memastikan, penyediaan 50 tempat dan alat parkir sepeda ini hanya permulaan. Tempat parkir sepeda nantinya akan tersebar di sekolah-sekolah, tempat ibadah, beberapa perkantoran, dan juga tempat-tempat umum lainnya di wilayah DKI Jakarta,.

Dia menegaskan, nantinya program penyediaan tempat dan alat pelengkap parkiran sepeda ini juga akan berlanjut di berbagai provinsi dan wilayah seluruh Indonesia.

Budi berharap, hal ini akan ikut memberikan motivasi kepada semua pengelola gedung perkantoran dan pemerintah daerah, untuk bisa menyiapkan tempat parkir sepeda di sejumlah tempat-tempat umum yang ada di wilayahnya masing-masing.

"Kami ingin mendorong penggunaan sepeda untuk semua kepentingan masyarakat. Karenanya, kami ingin memberikan sedikit kontribusi berupa tempat dan alat kelengkapan parkir sepeda ini," ujarnya.

Rangkaian kegiatan lain yang akan dilaksanakan dalam rangka Pekan Sepeda Nasional pada 17 Oktober 2020, antara lain adalah Virtual Bicycle Fair 2020. Acara itu adalah pameran sepeda virtual pertama di Indonesia, yang bekerja sama dengan beberapa pabrikan sepeda.

Kemudian, ada juga kegiatan Forum Group Discussion (FGD) yang akan membahas upaya pendorong penggunaan sepeda sebagai alat mobilitas sehari-hari, dengan melibatkan sejumlah stakeholder terkait, para public figure terkenal Tanah Air, dan seluruh elemen masyarakat yang terkait.

Selain itu, pada 17 Oktober 2020, akan ada juga acara Virtual Fun Bike dengan puncak acaranya berupa pembagian satu juta masker untuk masyarakat, guna mendorong kesadaran masyarakat dalam penerapan 3M yakni menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya