Hotel Isolasi Tak Penuh, Penyebaran COVID-19 Tak seperti Dikhawatirkan

Kepala Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo
Sumber :
  • BNPB

VIVA – Kepala Satuan Tugas (Satgas) Nasional Penanganan COVID-19, Doni Monardo mengungkapkan bahwa tingkat keterisian hotel untuk isolasi mandiri pasien COVID-19 tidak terisi penuh.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Baca Juga: Kata Airlangga, Jokowi Ingatkan Kluster Baru di Aksi Unjuk Rasa

Doni mengatakan, dari 120 hotel yang telah disediakan bersama dengan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) di sembilan provinsi, mayoritas tidak terisi penuh seluruhnya.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Menurut Doni, itu tidak terlepas dari kondisi penyebaran wabah COVID-19 yang tidak seperti yang dibayangkan sebelumnya atau tidak terlalu mengkhawatirkan. Sebab, masyarakat makin patuh protokol kesehatan.

"Memang belum seluruh hotel yang disiapkan PHRI terpenuhi karena angka kasus positif COVID-19 masyarakat tidak juga seperti yang kita khawatirkan," ungkap Doni, Senin, 12 Oktober 2020.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Dia mencontohkan, untuk di DKI Jakarta saja, Hotel Ibis Senen dari kapasitas kamar sebanyak 130 kamar, yang terpakai untuk isolasi mandiri hanya mencapai 52 kamar atau 40 persennya.

Begitu juga dengan Tower 8 Wisma Pademangan yang memiliki kapasitas 742 orang baru terpakai untuk 163 orang atau 22,5 persen tingkat keterisian. Demikian dengan Hotel Ibis Style Mangga Dua hanya 39 persen.

"Ini tentu tidak terlepas dari kesadaran bersama. Manakala kita bisa saling mengingatkan, saya yakin hotel-hotel itu tidak sampai terisi," ungkap kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tersebut.

Maka itu, untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona, anjuran melakukan 3M yaitu mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak sangat penting.

#pakaimasker
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitanganpakaisabun
#ingatpesanibu
#satgascovid19

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya