Logo WARTAEKONOMI

Kisah Miliarder Sun Piaoyang, Ilmuwan Farmasi Terkaya di China

Kisah Orang Terkaya: Sun Piaoyang, Ilmuwan Farmasi Terkaya di China. (FOTO: vyapaarjagat/Sun Piaoyang)
Kisah Orang Terkaya: Sun Piaoyang, Ilmuwan Farmasi Terkaya di China. (FOTO: vyapaarjagat/Sun Piaoyang)
Sumber :
  • wartaekonomi

Pengusaha farmasi asal China, Sun Piaoyang menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Ia adalah eksekutif dan miliarder farmasi China, ketua farmasi Jiangsu Hengrui Medicine. Sun Piaoyang lahir di Lianyungang, China.

Saat masih menempuh pendidikan, Sun adalah murid yang sangat brilian. Ia memperoleh gelar sarjana dari Universitas Farmasi China dan melanjutkan untuk memperoleh gelar doktor dari Universitas Nanjing. Pendidikan adalah salah satu rahasia sukses Sun Piaoyang.

Terlepas dari kesuksesan bisnisnya yang fenomenal, Sun tetap setia kepada akademisi dan memiliki banyak publikasi penelitian di jurnal nasional dan internasional yang bereputasi. Dia adalah penemu dan inovator dari banyak obat, baik organik dan prosedur klinis yang mendapatkan banyak paten.

Kontribusinya terhadap pengobatan telah memberikan secercah harapan bagi semua orang yang telah kehilangan harapan terakhir untuk mempertahankan hidup. Karirnya dimulai usai ia mendapatkan gelar doktor. Sun mulai bekerja di Pabrik Farmasi Lianyungang yang dikelola negara.

Kemudian pabrik tersebut diakuisisi dan menjadi Jiangsu Hengrui Medicine. Pada usia 32 tahun, Sun Piaoyang menjadi kepala di perusahaan kecil ini dengan keuntungan sedikit sekitar US$13.000. Dengan tekad yang kuat dan kerja keras, Jiangsu Hengrui Medicine pun berhasil melantai bursa pada tahun 2000 dengan terdaftar di Bursa Efek Shanghai.

Pada bulan Juni 2014, perusahaan tersebut memenangkan persetujuan dari Administrasi Makanan dan Obat AS. Itu juga memenangkan persetujuan dari perusahaan AS Sagent Pharmaceuticals untuk penjualan obat suntik oxaliplatin untuk mengobati kanker usus besar. Sun telah menjadi ketua dan direktur Jiangsu Hengrui Medicine Co. Limited sejak tahun 2003.

Sebagai tokoh farmasi negara, Sun memiliki 22 persen saham di Jiangsu Medicine. Perusahaan ini terkenal dengan obat untuk kanker dan pengobatan tumornya yang menduduki peringkat satu dalam hal penjualan di China dalam tujuh tahun terakhir.