Omzet Menurun Akibat COVID-19, DPR Minta UMKM Berbisnis Online

Ilustrasi UMKM.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

VIVA – Sektor perekonomian Indonesia saat ini tengah terguncang akibat Pandemi COVID-19. Salah satu yang mengalami dampak paling buruk adalah sektor UMKM, dimana lemahnya daya beli masyarakat menyebabkan omzet menurun sehingga sulitnya bersaing dengan usaha sejenis.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Untuk itu, dalam mengatasi hambatan ini, UMKM dituntut harus berusaha menghadirkan langkah yang inovatif. Salah satu yang dapat dilakukan adalah bagaimana para pelaku UMKM menjalankan bisnis dengan cara online.

"Dengan ilmu bisnis online secara kreatif, pegiat UMKM bisa mendapat pasar yang lebih terbuka, misalkan yang tadinya dipesan dalam jangkauan dekat saja, kini bisa dapat pasar baru yang jangkauannya jauh," kata Anggota Komisi VI DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono, kepada wartawan Rabu 10 Februari 2021.

Menkominfo Sebut Pemerintah Segera Bentuk Satgas Atasi Darurat Judi Online

Pria yang akrab disapa Ibas ini juga menambahkan, media daring bisa membuka banyak hal bagi para UMKM. Untuk membantu masyarakat khususnya pelaku UMKM mengembangkan bisnisnya di dunia maya, Ibas sampai menyediakan pelatihan bisnis online yang dilakukan di dua lokasi, Magetan dan Trenggalek, ini dihadiri oleh 100 orang pelaku UMKM.

"Kuatkan tekad untuk memulai bisnis online, tanamkan semangat itu dan teguhkan prinsip sukses dalam keberhasilan. Insya Allah bisa," ujar Ibas.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Putra bungsu Presiden SBY ini mengatakan bahwa dirinya paham betul tentang kendala yang dialami UMKM saat ini. Memang saat ini tantangan yang dihadapi tidak mudah.

"Keterbatasan waktu, sempitnya tempat usaha, daya beli yang lesu, jaringan teknologi yang belum menyeluruh, dan kendala teknologi pasti tidak mudah diatasi Bapak dan Ibu sekalian," ujarnya. 

Ketua Fraksi Demokrat DPR RI ini berharap agar para pelaku UMKM terus optimis, selain itu Dia juga berjanji akan terus mendorong peningkatan program BPUM (Banpres Produktif Usaha Mikro) dan memastikannya diterima masyarakat. Sebab, program ini sangat penting untuk rakyat kecil, terutama pelaku UMKM.

Melalui kemitraan terkait, ibas akan memastikan program ini bisa diterima dengan cepat dan tanpa pungli. "Jika UMKM kita sehat dan bangkit, maka ekonomi bangsa kita pun kuat dan pulih," ujarnya.

Baca juga: Airlangga: Ekonomi Indonesia Cepat Pulih Jika UMKM Manfaatkan KUR

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya