Bikin Geger, PPATK Ungkap Ribuan Transaksi Gelap untuk Terorisme 

uang rupiah.
uang rupiah.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Dian Ediana Rae mengungkapkan laporan terkait transaksi keuangan mencurigakan khusus mengenai tindak pidana pendanaan terorisme.

Menurut Dian, dari data-data yang terus masuk ke PPATK selama lima tahun terakhir, laporan terkait transaksi pidana tersebut mencapai hampir 5.000. Data ini dikatakannya sangat mengkhawatirkan.

"Hampir 5.000 yang terkait tindak pidana pendanaan terorisme. Itu bukan jumlah sedikit ya ini tentu sangat-sangat mengkhawatirkan," kata dia dalam Dialog Kebangsaan, Jumat, 24 September 2021.

Baca juga: Garuda Kerahkan Pesawat Bantu Konservasi Satwa Endemik Dilindungi

Meski demikian, Dian mengakui, bahwa jika dianalisis lebih mendalam hasil dari laporan transaksi keuangan mencurigakan tersebut tentu akan lebih sedikit, karena tidak semua laporan benar-benar terjadi.

Akan tetapi, dia menekankan, sejauh ini, PPATK telah mengeluarkan sekitar 261 informasi dari hasil analisis laporan mengenai pendanaan terorisme maupun radikalisme kepada instansi terkait.

"PPATK sudah mengeluarkan sekitar 261 informasi terkait pendanaan terorisme atau bahkan radikalisme kepada berbagai lembaga seperti BIN, BNPT, Densus 88 dan Kepolisian secara umum," ucapnya.