Permudah UMKM Saling Bantu Jualan, Kominfo Perluas Active Selling

Ilustrasi UMKM.
Ilustrasi UMKM.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

VIVA – Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus mengembangkan Program Pendampingan Active Selling hingga ke pelosok-pelosok daerah bagi Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM.

Direktur Ekonomi Digital  Ditjen Aptika Kominfo I Nyoman Adhiarna mengatakan, pengembangan ini terus dilakukan karena active selling mampu menjadi salah satu wadah memperluas dan memperkuat rantai pasok UMKM.

"Tidak perlu beli bahan baku dari luar daerah, tapi jual produknya keluar daerah. Saling bantu jualan, maka hasilnya bisa dirasakan bersama-sama," kata dia Minggu, 17 Oktober 2021.

Baca juga: Sandiaga Uno: Eiger Bakal Buat Jembatan Gantung Terpanjang di RI

Dia mengungkapkan, melalui program tersebut para pelaku UMKM di daerah yang sama dapat saling bertemu dalam satu wadah sehingga tercipta ekosistem UMKM dengan sendirinya melalui program ini.

"Produsen semua. Bahkan ada yang memiliki usaha lebih dari satu. Kalau sudah mengenal satu sama lain, yang ini usaha apa, yang itu usaha apa, ini menjadi kekuatan dan peluang tersendiri," ungkapnya.

Program active selling sendiri memberikan fasilitas berupa dukungan pendampingan, training center, bantuan paket data, aplikasi aggregator marketplace, aplikasi kasir Point of Sales (PoS), dan aplikasi pembelajaran online selama enam bulan.