Mobil China Kian Mendominasi di Rusia

Chery Omoda 5 GT resmi meluncur di Indonesia
Sumber :
  • Arianti Widya

Rusia – Kehadiran mobil China kian diminati pasar global, termasuk di negara Rusia. Hal tersebut digambarkan melalui total keseluruhan penjualan mobil di negara ini didominasi oleh mobil China.

Resmi Debut di Auto China 2024, Begini Spesifikasi Jaecoo J7 PHEV

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Carnewschina, Jumat, 12 April 2024, mengungkapkan angka penjualan kendaraan di Rusia pada bulan Maret lalu menunjukkan merek-merek China kini mendominasi pasar, menduduki sembilan dari sepuluh posisi merek terlaris. 

Bahkan, ada merek China yang dikatakan belum melakukan ekspor tetapi mendapatkan penjualan yang cukup signifikan di Rusia.

Potensi Besar Ekspor Seafood RI, Aruna Pede Bidik Pasar Global

Menurut data dari China Automotive Digital Research Institute, pada tahun lalu Rusia merupakan ekspor mobil terbesar China dengan penjualan mencapai 841 ribu unit dari Januari hingga November. Tren ini tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan.

Kendati demikian, penjualan merek Rusia Lada masih menjuarai penjualan dari kendaraan China. Penjualan Lada disampaikan naik hingga 64,5 persen pada bulan Maret dan sebesar 43,2 persen year-on-year (YoY) selama tiga bulan pertama.

Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

Peningkatan penjualan tersebut diikuti oleh merek China, beberapa justru mencatat peningkatan yang lebih tinggi.

Geely Icon

Photo :
  • Geely

Misalnya seperti Haval, Geely, dan Chery masing-masing mencatatkan penjualan sebesar 16.045 unit, 15.004 unit, dan 13.159 unit.

Geely dan Chery bahkan tampil lebih baik karena muncul di daftar sepuluh besar lebih dari satu kali.

Untuk Geely, pabrikan otomotif ini berhasil memperoleh posisi nomor 9 karena Geely Belgee yang merupakan perusahaan patungan dan dikendalikan oleh produsen mobil Belarusia BelAZ sebanyak 51,5 persen dan Geely sebesar 33,5 persen, sementara sisanya dipegang oleh entitas China.

Di sisi lain, Chery juga berhasil meraih posisi di daftar penjualan tertinggi dari model Exceed di posisi ke 6, Omoda di posisi ke 7, dan Jetour di posisi ke 10. 

Kemudian, untuk merek Li Auto yang dikatakan belum melakukan ekspor, tetapi sudah menjual mobilnya di Rusia. Merek ini tercatat telah menjual 3.617 unit mobil.

Berdasarkan data-data tersebut, terlihat negara Rusia masih menjadi target pasar ekspor dari China. Berikut ini daftar merek mobil terlaris di Rusia.

  1. Lada: 39.908 unit
  2. Haval: 16.045 unit
  3. Geely: 15.004 unit
  4. Chery: 13.159 unit
  5. Changan: 9.330 unit
  6. Exeed: 4.664 unit
  7. Omoda: 4.632 unit
  8. Li Auto: 3.617 unit
  9. Geely Belgee: 2.732 unit
  10. Jetour: 2.616 unit
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya