Digitalisasi Bikin Mutiara Lombok Mendunia, Pasar China Mendominasi

Pengrajin mutiara di Lombok.
Sumber :
  • Satria Zulfikar/VIVA.

VIVA – Pengrajin mutiaradi  Lombok mendapatkan limpah keuntungan dari pasar China. Mutiara Lombok menjadi laris manis di luar negeri, terutama di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Ratusan Polisi Kawal Tabligh Akbar Ustaz Abdul Somad di Lombok

Pemilik Kamal Pearl, Kamaluddin, mengatakan tahun 2021 mutiara Lombok mendominasi ekspor ke China. Permintaan mutiara Lombok di China cukup tinggi.

"Pasar mutiara tahun kemarin terbesar di China mendominasi," katanya dikutip Minggu, 27 Februari 2022.

Potensi Besar Ekspor Seafood RI, Aruna Pede Bidik Pasar Global

Dalam berbagai pameran mutiara, penduduk dunia banyak mengapresiasi mutiara air laut Lombok. Selain karena ukuran yang cukup besar, kilauan pada mutiara Lombok sangat indah. Sehingga tidak jarang banyak yang menyebut mutiara Lombok terbaik dunia.

Galeri mutiara Kamar Pearl memproduksi dan menjual mutiara asli Lombok yang berkualitas dengan nilai yang cukup fantastis, mulai dari jutaan hingga puluhan juta. Kualitas mutiara tersebut menjadi incaran pecinta perhiasan di dunia.

BYD Minta Maaf Konsumen di Indonesia Belum Terima Unit, Ini Biang Keroknya

Kini usaha mutiara merambah hingga ke pasar Kamboja. Permintaan mutiara Lombok di sana juga cukup tinggi. "Kemarin saya mencoba mulai mengirim ke Kamboja," ujarnya.

Lombok, NTB.

Photo :
  • Dok. Istimewa

Kamaluddin mengatakan, selain menjual mutiara secara offline, sejak 2021 dia memasarkan mutiara secara online. Terlebih lagi mutiara yang dijual memiliki sertifikat, sehingga banyak yang tertarik membeli mutiara darinya.

Menurutnya, tak memungkiri era pandemi saat ini bisnis mutiara sempat terganggu. Namun di tengah kelesuan tersebut, justru melahirkan inovasi-inovasi baru mulai dari pemasaran, hingga jenis perhiasan dari mutiara yang diproduksi.

"Saat itu (pandemi 2020) memang berat. Tamu atau wisatawan sangat sedikit, nyaris tidak ada. Saya akhirnya mencoba memasuki pemasaran digital dan Alhamdulillah mutiara Lombok semakin dikenal mancanegara," ujarnya.

Saat ini Asosiasi NTB Pearl selaku organisasi yang menaungi pelaku industri mutiara tengah mengajukan hak atas indikasi geografis (IG) atas mutiara Lombok pada Kementerian Hukum dan Ham. Itu akan meningkatkan nilai branding mutiara Lombok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya