Kelola Limbah Tambang Pakai Aplikasi, MIND ID Bisa Irit 20 Persen

Mind ID.
Sumber :
  • Dokumentasi Mind ID.

VIVA – Holding BUMN industri pertambangan MIND ID, melakukan ujicoba aplikasi digital untuk meningkatkan efektifitas pengelolaan air limbah tambang. Aplikasi yang sedang dikembangkan itu adalah Mast Ermine.

Kendaraan Niaga Berkepala Dua Bukan Sesuatu yang Mustahil

Direktur Pengembangan Usaha MIND ID, Dilo Seno Widagdo mengatakan, aplikasi itu dikembangkan akan mempermudah monitoring kualitas air limbah tambang melalui perubahan dari manual menjadi digital. 

Dia menegaskan, transformasi digital sudah menjadi salah satu tema strategis utama MIND ID saat ini. Yakni meningkatkan daya saing biaya melalui digital.

Pemda Provinsi Jabar Gunakan Aplikasi Sapawarga untuk Mudahkan Masyarakat di PPDB 2024

"Perusahaan berupaya mengaplikasikan teknologi mutakhir dan penerapan digitalisasi pada seluruh lini rantai nilai. Untuk dapat menciptakan penghematan biaya dan keberlangsungan usaha," ujar Dilo dikutip, Jumat, 1 April 2022.

Dia menjabarkan, pengembangan aplikasi Mast Ermine dilatarbelakangi oleh kebutuhan tata kelola limbah sebagai komitmen pelaksanaan pratik-praktik penambangan yang baik (good mining practices). Grup MIND ID diketahui menghasilkan produk samping yang memerlukan penanganan dengan tingkat prioritas tinggi. 

Tentara Israel Ramai-ramai Pajang Foto saat Perang di Aplikasi Kencan

Waste treatment merupakan salah satu elemen biaya operasional penambangan yang cukup tinggi. Karena itu aplikasi ini diharapkan akan menghasilkan nilai efisiensi 10-20 persen dari total biaya pengolahan air limbah tambang.

:Filosofi dasar Mast Ermine adalah sistem terintegrasi secara chemica dan digital untuk dapat mengolah, memonitor, dan mengontrol sistem pengolahan air limbah tambang secara online dan mudah digunakan," tambahnya. 

Dengan aplikasi ini menurutnya, pekerja tambang dapat memantau kualitas air limbah tambang dan mengatur dosis reagen yang diinjeksikan ke dalam air limbah tambang secara real time.

Mast Ermine juga memiliki fitur alert dan notification yang berfungsi untuk memberikan peringatan kepada pekerja ketika terjadi penurunan kualitas air limbah tambang. Sehingga dapat langsung mengambil tindakan korektif dengan mengatur dosis reagen lebih Ianjut.

Kegiatan produksi Mind ID.

Photo :
  • Dokumentasi Mind ID.

"Proses ini memastikan konsistensi air limbah tambang berada dalam baku mutu sesuai peraturan yang berlaku, secara digital," ungkapnya.

Aplikasi ini dikembangkan oleh tim POWERxWIT, yang merupakan pemenang kompetisi MIND ID Goes Digital tahun 2021. Aplikasi karya anak bangsa ini sedang di uji coba di PT Bukit Asam T bk (Bukit Asam) dan diharapkan akan dioperasikan penuh pada kuartaI IV-2022.

Sebagai informasi, MIND ID berindukan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) dan beranggotakan PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya