BUMI Raih Peringkat ESG Tertinggi dari 56 Perusahaan Batu Bara Dunia

Kegiatan penambangan Bumi Resources. (ilustrasi)
Sumber :
  • Dokumentasi Bumi Resources.

VIVA – PT Bumi Resources Tbk (BUMI) berhasil meraih peringkat teratas dalam hal penilaian dan pemberian skor Environmental, Social and Governance (ESG), dari 56 perusahaan batu bara di seluruh dunia pada bulan Juni 2022. Pemeringkatan itu dilakukan oleh penyedia layanan data keuangan global terkemuka, yakni Refinitiv.

Kurangi Sampah Domestik, Begini Strategi KPC Dukung Sistem Pengolahan Kompos di Sangatta

Presiden Direktur BUMI, Adika Nuraga Bakrie mengatakan, untuk mencapai visinya, BUMI secara terbuka berkomitmen untuk menjalankan bisnis secara berkelanjutan.

"BUMI juga telah mengembangkan laporan keberlanjutan sejak tahun 2016 hingga sekarang, dengan mempublikasikan keberhasilan praktik ESG yang diterapkan oleh BUMI dalam berbagai aspek keberlanjutan," kata Adika dikutip dalam keterangan tertulis, Kamis 30 Juni 2022.

Masuk Jadi 7 Kontributor Pajak Terbesar, BUMI Raih Penghargaan Kemenkeu

Presiden Direktur BUMI, Adika Nuraga Bakrie.

Photo :
  • Dok. BUMI

Aspek keberlanjutan itu di antaranya mulai dari kinerja ekonomi, praktik ketenagakerjaan, kepatuhan, lingkungan, dan kemasyarakatan, serta hak asasi manusia. Karenanya, Adika memastikan bahwa perusahaan sangat bangga dengan pencapaian peringkatnya di Refinitiv tersebut.

KPC Sulap Lahan Bekas Tambang Jadi Peternakan Sapi Terpadu

"Terutama Refinitiv sebagai penyedia data dan infrastruktur pasar keuangan terkemuka, untuk mengukur posisi kinerja ESG BUMI di antara perusahaan sejenis dan untuk terus mengomunikasikan pencapaian ESG-nya," ujarnya.

Sebagai informasi, hasil tersebut menunjukkan kinerja ESG BUMI yang kuat, dengan raihan skor 84 (dalam skala 100). Di situs web mereka, Refinitiv mengkategorikan skor di atas 75 (Fourth Quartile) sebagai indikasi kinerja ESG yang relatif sangat baik, dan tingkat transparansi yang tinggi dalam melaporkan data materi ESG kepada publik.

Refinitiv yang berkantor pusat di London sebelumnya dikenal sebagai Thomson Reuters, adalah bisnis dari London Stock Exchange Group (LSEG) dan salah satu penyedia data dan infrastruktur pasar keuangan terbesar di dunia. Refinitiv memiliki pendapatan US$6,25 miliar, lebih dari 40.000 pelanggan dan 400.000 pengguna akhir di 190 negara.

Skor ESG dari Refinitiv dirancang untuk secara transparan dan objektif mengukur kinerja, komitmen, dan efektivitas ESG relatif perusahaan dalam 10 tema utama (emisi, inovasi produk lingkungan, hak asasi manusia, pemegang saham, dll.) berdasarkan data yang dilaporkan kepada publik.

Skor ESG Refinitiv mengukur kinerja ESG perusahaan berdasarkan laporan data yang dapat diverifikasi di ranah publik. Skor ESG tersebut meliputi dan menghitung lebih dari 630 pengukuran ESG di tingkat perusahaan. Di mana, sebagian dari 186 yang paling sebanding dan material per industri, memperkuat penilaian dan proses penilaian perusahaan secara keseluruhan. Refinitiv dikelompokkan ke dalam 10 kategori yang membentuk tiga skor pilar dan skor ESG akhir, yang mencerminkan kinerja ESG perusahaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya