Jaga Kualitas Keselamatan Kerja, PHE Gelar Kompetisi UFRC

Upstream Fire & Rescue Challenge (UFRC) PHE.
Sumber :
  • Dok. Pertamina

VIVA Bisnis – PT Pertamina Hulu Energi (PHE), Subholding Upstream Pertamina, menegaskan komitmennya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang Health Safety Security Environmental atau HSSE melalui Upstream Fire & Rescue Challenge (UFRC). 

Pertamina Patra Niaga Raih Penghargaan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan

Kegiatan yang melibatkan hampir seluruh zona di lingkungan PHE yang berkolaborasi dengan Pertamina Corporate University (PCU) ini digelar di salah satu fasilitas di bawah PCU yakni di HSE Training Center Sungai Gerong, Sumatera Selatan, Senin-Kamis (18-21 Juli 2022).

Senior Vice President (SVP) HSSE Pertamina, Deddy Syam, mengatakan UFRC adalah gelaran HSSE pertama di lingkungan bisnis hulu Pertamina. Hal ini adalah inisiatif PHE untuk meningkatkan kemampuan para pekerja Pertamina untuk urusan keselamatan kerja.

ITDC Umumkan Tiket MotoGP Mandalika 2024 Didiskon 50 Persen

Baca juga: Jokowi Disebut Pilih Kasih Oleh Chico, Istana Buka Suara

"Operasi upstream high risk di onshore offshore. SHU bakal trigger fungsi lain juga, kita akan buat kompetisi seluruh Pertamina," kata Deddy dikutip dari keterangan tertulisnya, Senin 18 Juli 2022.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Menurut Deddy, keberadaan HSE TC Sungai Gerong sangat vital apalagi untuk sektor upstream. Untuk itu setiap tim rescue di wilayah operasi harus selalu siap dengan berbagai kondisi. 

Dia pun menyarankan agar kegiatan seperti yang dilakukan di HSE TC Sungai Gerong bisa dilakukan secara berkelanjutan.

"Kalau nggak siap ada second effect akumulasi lebih parah. Sering-sering latihan drill. Kalau setahun sekali takut. Tiga bulan sekali agak berani. Kalau sering dilakukan maka efek motorik kita jalan. Lihat ada kejadian atau potensi langsung bergerak. Saya minta buat skenario yang cukup bantu kawan-kawan. HSE TC Sungai Gerong juga bisa bantu dengan simulator dulu," jelas Deddy.

Sementara itu, mewakili Pjs VP HSSE PHE, Anton Ojong, menegaskan UFRC diharapkan bisa meningkatkan rasa tamggung jawab sekaligus kemampuan tim khusus yang ada di setiap anak perusahaam bisnis hulu untuk selalu siap siaga menjaga keselamatan pekerja maupun aset perusahaan.

"Dengan kegiatan ini teman-teman bisa tingkatkan kemampuan jadi sudah dapat tindakan terbaik lindungi nyawa dan aset perusahaan. Ini bakal rutin jadi skill bisa dipertahankan bahkan lebih bagus,“ ungkap Anton.

Ilustrasi Anjungan Lepas Pantai Pertamina Hulu Energi (PHE).

Photo :
  • Dok. Pertamina

Sedangkan, Manajer HSE TC Sungai Gerong, Helmi Fadillah Lubis, menjelaskan seluruh insan Pertamina bisa memanfaatkan semua fasilitas mutakhir yang ada di HSE TC Sungai Gerong. UFRC kali ini cukup spesial karena kegiatan pertama pelatihan rescue atau fire fighting pasca pandemi COVID-19. 

HSE TC Sungai Gerong merupakan salah satu fasilitas pelatihan rescue terbesar di Indonesia bahkan pernah menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Jadi wajar kualitas setiap pelatihan juga bukan sembarangan pun demikian dengan kegiatan UFRC yang juga disaksikan langsung oleh tim khusus dari Pertamina Algeria.

Menurut Helmi, UFRC 2022 diharapkan bisa menjadi motivasi untuk subholding lainnya untuk meningkatkan kualitas HSSE SDM-nya. 

"Sebenarnya kegiatan ini jadi motivator subholding lain kegiatan yang sama di sini maka kita tidak hanya internal Pertamina karena kita sudah ditunjuk jadi pusat HSE BUMN," ujar Helmi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya